Bola Internasional

Blak-blakan Shin Tae-yong: Timnas Indonesia U-20 Lebih Baik dari Timnas Senior

Rabu, 20 Juli 2022 12:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Blak-blakan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-20 rupanya lebih baik dari Timnas senior, baik dari segi mental, maupun pembinaan fisik yang baik.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong adalah pelatih yang merangkap di Timnas Indonesia senior, Timnas U-23, dan Timnas U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20.

Sayangnya, baik di semua kelompok umur tersebut, Timnas Indonesia tidak pernah menang dari dua tim kuat di level Asia Tenggara, yaitu Vietnam dan Thailand.

Menurut Shin Tae-yong, sejatinya Timnas Indonesia sudah memiliki modal untuk bisa mengalahkan Vietnam dan Thailand, hanya keberuntungan belum berpihak padanya.

Keberuntungan datang pada tim yang memiliki mentalitas lebih kuat, dan Timnas Indonesia masih belum ada di level terbaik.

"Sebenarnya masalahnya simpel saja, karena ada jinx (nasib sial). Kita harus lebih kuat mental," kata Shin Tae-yong saat hadir sebagai bintang tamu di Youtube Sport 77.

Pada kesempatan itu, Shin Tae-yong pun mengatakan bahwa secara mental, skuat Timnas U-20 jauh lebih baik dari seniornya.

"Memang sekarang juga sedang dalam tahap berusaha agar menjadi lebih baik lagi, apalagi Timnas U-20, mereka itu lebih bagus daripada senior," kata Shin Tae-yong.

"Kalau Timnas U-20 itu terlihat sudah lebih kuat mentalnya," tambah sang pelatih yang pernah membawa Timnas Korea Selatan menang atas Jerman di Piala Dunia 2018 itu.

"Sekarang kami perlu menanamkan mental yang baik pada Timnas Senior, setelah itu pasti kita bisa bersaing lebih baik lagi lawan Vietnam, Thailand dan Malaysia," imbuhnya.