Bola Internasional

Menarik, Tokyo dan Keihanshin Jadi Pusat Wilayah Persaingan Klub Liga Jepang 2022

Rabu, 20 Juli 2022 18:01 WIB
Editor: Herry Ibrahim
© J-League
Ada dua kutub raksasa yang jadi pusat sepak bola di gelaran Meiji Yasuda J1 League 2022. Copyright: © J-League
Ada dua kutub raksasa yang jadi pusat sepak bola di gelaran Meiji Yasuda J1 League 2022.

INDOSPORT.COM - Ada dua kutub raksasa yang jadi pusat sepak bola di gelaran Meiji Yasuda J1 League 2022. Perhelatan kasta teratas Liga Jepang musim ini alias Meiji Yasuda J1 League 2022 diikuti oleh 18 tim dari seantero Jepang.

Akan tetapi, ada beberapa tim yang memiliki kandang dengan jarak yang berdekatan. Secara garis besar, tim-tim J1 League musim ini terpusat di dua tempat: Greater Tokyo Area dan Keihanshin Area.

Bahkan, hanya tujuh tim yang tak berada dari daerah tersebut. Ketujuh tim itu adalah Hokkaido Consadole Sapporo (Hokkaido), Shimizu S-Pulse (Prefektur Shizuoka), Jubilo Iwata (Prefektur Shizuoka), Nagoya Grampus (Prefektur Aichi), Sanfrecce Hiroshima (Prefektur Hiroshima), Avispa Fukuoka (Prefektur Fukuoka), dan Sagan Tosu (Prefektur Saga).

Selain mereka, 11 tim lainnya berasal dari Greater Tokyo Area dan juga Keihanshin Area. Greater Tokyo Area adalah daerah urban di sekitar Tokyo yang membentuk satu kesatuan daerah urban terbesar di dunia.

Musim ini, ada tujuh tim yang berasal dari prefektur yang berada di dalam Greater Tokyo Area, namun hanya satu tim yang berasal dari pusat Kota Tokyo: F.C.Tokyo yang berkandang di Ajinomoto Stadium di Chofu, Tokyo.

Enam tim sisanya berasal dari prefektur-prefektur di sekitar pusat Kota Tokyo yang membentuk satu kesatuan Greater Tokyo Area.

Enam tim ini adalah Kawasaki Frontale (Prefektur Kanagawa), Yokohama F. Marinos (Prefektur Kanagawa), Shonan Bellmare (Prefektur Kanagawa), Urawa Red Diamonds (Prefektur Saitama), Kashima Antlers (Prefektur Ibaraki), dan Kashiwa Reysol (Prefektur Chiba).

Dari tim-tim ini, ada beberapa laga derbi panas yang tersaji. Derbi Kanagawa mempertemukan dua tim asal Prefektur Kanagawa, Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale. Kandang kedua tim hanya berjarak tak lebih dari 10 kilometer, membuat persaingan kedua tim panas tak hanya di atas lapangan, tetapi juga bagi para fans.

Shonan Bellmare sebenarnya juga berasal dari prefektur yang sama, tetapi tak memiliki sejarah rivalitas yang sama dengan kedua tim lainnya dan jarak yang lebih jauh dibanding Marinos dan Frontale.

Selain Derbi Kanagawa, Kawasaki Frontale juga terlibat dalam laga sengit bertajuk Tamagawa Classico, mempertemukan mereka dengan F.C.Tokyo.