Bola Internasional

Media Vietnam Sebut Shin Tae-yong Tak Akan Bisa Kalahkan 'The Golden Star' Selamanya

Kamis, 21 Juli 2022 10:59 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM Media Vietnam, Soha.vn, secara tak langsung mengatakan bahwa Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong tidak bisa mengalahkan skuat The Golden Star selamanya.

Sebelumnya, Shin Tae-yong ditunjuk untuk mengemban tugas memajukan sepak bola Timnas Indonesia. Tampaknya, usaha pelatih asal Korea Selatan ini bisa dibilang berhasil.

Pasalnya, Indonesia perlahan bangkit secara bertahap dari keterpurukan. Meski belum memenangkan trofi bagi Indonesia, usaha Shin Tae-yong tetap layak diapresiasi.

Di bawah Shin Tae-yong, Indonesia mencapai runner-up Piala AFF 2020, memperoleh medali perunggu di SEA Games ke-31, dan mencapai final Piala Asia 2023. Bahkan, ranking FIFA Indonesia naik 20 peringkat sejak diasuh oleh mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong bahkan mengorbitkan talenta muda dan mengasahnya menjadi pemain yang lebih baik. Namun, masih ada kekurangan Shin Tae-yong yang disebut oleh media Vietnam, Soha.vn.

Kekurangannya adalah sang pelatih tidak bisa membuat Timnas Indonesia menang atas Vietnam dan Thailand. Sebelumnya, Indonesia dibantai 0-4 oleh Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia U-23 kalah 0-3 dari Vietnam di babak penyisihan grup SEA Games. Saat bertemu Thailand, Indonesia juga kalah 0-4 di Piala AFF dan kemudian kalah di semifinal SEA Games.

Terakhir, Garuda meraih hasil imbang dengan skor kacamata saat menjamu Thailand dan Vietnam di Piala AFF U-19. Bahkan, Indonesia dibilang kewalahan dan beruntung tidak kemasukan gol saat melawan dua tim tersebut.

Hasil seri itu akhirnya membuat Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 usai kalah head-to-head meski Vietnam, Indonesia, dan Thailand memiliki poin yang sama.

Atas hasil itu, Shin Tae-yong berkomentar seusai ditanya mengapa tidak bisa menang dari Vietnam dan Thailand.