Bola Internasional

Timnas Indonesia U-19 Dinilai Butuh Motivator, Ini Respons Shin Tae-yong

Kamis, 21 Juli 2022 20:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-19 dinilai membutuhkan motivator untuk meningkatkan performa pemain yang membuat pelatih Shin Tae-yong buka suara. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-19 dinilai membutuhkan motivator untuk meningkatkan performa pemain yang membuat pelatih Shin Tae-yong buka suara.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 dinilai membutuhkan motivator untuk meningkatkan performa pemain yang membuat pelatih Shin Tae-yong buka suara. 

Kebutuhan motivator untuk Timnas Indonesia U-19 diutarakan oleh asisten manajer Timnas Indonesia, Sumardji. Sumardji menilai mental pemain Timnas Indonesia U-19 masih belum baik.

Hal tersebut terlihat di setiap laga perdana Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 gagal mengalahkan Vietnam dan Thailand.

Padahal, dalam dua pertandingan yang berakhir 0-0 itu, skuad Merah Putih menguasai permainan.

Terlebih bagi Sumardji dalam usia 17-18 tahun mental pemain belum terbentuk maksimal. Sehingga membutuhkan bantuan psikolog atau motivator.

"Anda bisa lihat saat laga pertama melawan Vietnam, mental, dan skema permainan tidak berkembang. Ini selalu menjadi problem saat Indonesia main di laga pertama," kata Sumardji dilansir dari laman PSSI.

"Itu harus menjadi koreksi Shin Tae-yong agar setiap laga pertama sudah langsung tune-in. Langsung ngegas," tambah Sumardji.

Namun terkait hal ini pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong menolak hal ini. Bagi Shin Tae-yong hal itu pernah ia terapkan saat melatih Timnas Korea Selatan, tetapi hal tersebut tidak berjalan baik.

"Akan lebih baik, jika ketua umum, manajer, bisa memberikan motivasi pemain pada sesi yang lain dengan waktu yang lebih lama," ucap Shin Tae-yong.

"Bisa juga mengumpulkan pemain di tempat tertentu dan diberikan motivasi," kata Shin Tae-yong.