Bola Internasional

4 Alasan Kuat Mengapa Wacana Naturalisasi Timnas Indonesia U-19 Harus Dibatalkan

Senin, 25 Juli 2022 11:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Instagram@PSSI
Skuat Timnas U-19. Foto: Instagram@PSSI Copyright: © Instagram@PSSI
Skuat Timnas U-19. Foto: Instagram@PSSI

INDOSPORT.COM - Ada empat alasan kuat mengapa wacana untuk naturalisasi pemain Timnas Indonesia U-19 yang diajukan pelatih Shin Tae-yong harus segera dibatalkan.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong meminta kepada PSSI untuk melakukan naturalisasi pada pemain keturunan yang masih berusia muda U-19.

Alasannya, skuat Timnas Indonesia U-19 saat ini belum ada di level yang baik untuk bersaing di Piala Dunia U-20 2023, bahkan mereka gagal ke semifinal Piala AFF U-19.

Di sisi lain, PSSI menuntut adanya prestasi dari Shin Tae-yong. Maka, guna mencapai hasil yang diinginkan, ia meminta pemain berpengalaman di Eropa untuk naturalisasi.

Namun, komentator dan pengamat selak bola Indonesia, Tommy Welly alias Bung Towel blak-blakan menolak naturalisasi Timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20.

Setidaknya, ada empat alasan kuat yang diajukan Bung Towel untuk menolak wacana program naturalisasi Timnas Indonesia U-19.

"Satu, naturalisasi di Timnas junior tidak lazim," tegas Bung Towel, sembari merilis sejumlah tim junior yang pernah main di Piala Dunia U-20 tanpa naturalisasi.

"Kedua, tidak cukup fair buat anak muda, buat bakat anak-anak kita saat ini," tambah komentator sepak bola asal Indonesia itu.

"Ketiga, bukan salah mereka kalau mereka saat ini masih kurang dan dianggap belum siap untuk Piala Dunia U-20," tambahnya.

Ya, kualitas pemain muda berbanding lurus dengan fasilitas yang tersedia, dan jalannya kompetisi berjenjang. Dua hal ini yang mesti jadi perhatian PSSI, bukan soal naturalisasi..