Bola Internasional

Piala AFF U-16: Kalah 2-1 dari Timnas Indonesia, Pelatih Vietnam Merasa Dirugikan Wasit

Minggu, 7 Agustus 2022 00:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, memberikan selamat kepada Timnas Indonesia U-16 atas kemenangan 2-1 pada laga fase akhir Piala AFF U-16 2022. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, memberikan selamat kepada Timnas Indonesia U-16 atas kemenangan 2-1 pada laga fase akhir Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, turut memberikan selamat kepada Timnas Indonesia U-16 atas kemenangan 2-1 pada laga fase akhir Piala AFF U-16 2022.

Hanya saja, Nguyen Quoc Tuan merasa dalam laga Piala AFF U-16 tadi anak asuhnya mendapat tekanan dari suporter, serta wasit yang memimpin jalannya pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/22) malam.

Vietnam yang sempat unggul lewat Nguyen Cong Phuong menit ke-42, kemudian kebobolan dua gol lewat Arkhan Kaka Putra Purwanto menit ke-52 dan Muhammad Nabil Asyura menit ke-55.

"Selamat kepada Timnas Indonesia atas kemenangannya, dan untuk tim saya, kamu sudah berjuang dengan maksimal meski banyak tekanan dari fans dari wasit,"

"Banyak keputusan wasit yang merugikan kami terutama di babak kedua," kata Nguyen Quoc Tuan usai pertandingan.

Nguyen Quoc Tuan mengatakan, timnya sudah memperkirakan akan kedatangan suporter Timnas U-16 dalam jumlah besar.

Hal itu berkaca pada pengalaman tiap kali pertemuan Vietnam melawan Indonesia dalam semua kelompok umur. Ia menyebut hal itu mempengaruhi para pemain lengah, terutama babak kedua.

"Sebelum laga, kami sudah memperkirakan akan banyak tekanan dari para fans. Kami kehilangan fokus di babak kedua dan kebobolan dua gol dari Indonesia," tuturnya.

Sementara soal kinerja wasit, Nguyen Quoc Tuan harus mengakui bahwa hal itu merupakan salah satu yang mengurangi fokus.