Liga Indonesia

Liga 1: Kick-Off Larut Malam Belum Berubah, Arema FC Mulai Ditinggal Penonton

Selasa, 9 Agustus 2022 10:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pertandingan Arema FC vs PSS Sleman di laga Liga 1. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pertandingan Arema FC vs PSS Sleman di laga Liga 1.

INDOSPORT.COM - Arema FC sejatinya tak menutup mata terhadap banyaknya keluhan dari suporter maupun publik sepak bola di Malang Raya, perihal jadwal Liga 1 Indonesia dengan kick-off malam hari.

Diketahui, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 tetap menerapkan waktu kick-off malam hari pukul 20.30 WIB sebagaimana musim lalu.

Jadwal kick-off itu merupakan slot ke-3 yang diterapkan pihak televisi atas siaran langsung, sedangkan dua slot lain adalah pukul 15.30 WIB dan 18.15 WIB.

Sayangnya, penentuan waktu kick-off ini banyak mendapat kritik dan keluhan dari suporter lantaran berlangsung sampai larut malam hingga berimbas pada waktu kepulangan mereka ke rumah.

"Kami sejak awal sudah berkomunikasi dengan LIB terkait pertandingan dengan kick-off malam hari saat ini," tutur Media Officer Arema FC, Sudarmaji, kepada INDOSPORT, Senin (8/8/22).

"Dan kami yakin pihak LIB menyampaikan juga ke pihak host broadcaster (HB). Pasti ada solusi terbaik atas evaluasi terkait hal ini," tambah dia.

Pertimbangan kick-off malam hari memang tak lepas dari kebijakan pihak televisi mengingat mereka lah pemegang hak siar selama berlangsungnya Liga 1.

Namun sebagai klub kontestan kompetisi, Arema FC tentu harus menerima apa pun jadwal kick-off yang diterapkan. Kendati pada sisi lain, klub tetap berhak menyampaikan opininya.

"Kita sama-sama introspeksi, bahwa jadwal kick-off malam hari tidak hanya menguntungkan satu pihak, melainkan juga banyak pihak," beber Sudarmaji.

"Di samping itu, kita juga mesti mencari solusi bersama agar bagaimana kompetisi bisa tergelar tepat waktu," jelas eks jurnalis Malang itu.