Liga Indonesia

Pujian untuk Racikan Bima Sakti Pasca Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF

Minggu, 14 Agustus 2022 14:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam di final. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam di final. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memuji racikan pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti yang berhasil raih juara Piala AFF U-16 2022. 

Indonesia keluar sebagai jawara setelah kalahkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0 di laga final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/08/22) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. 

Gol tunggal skuad Garuda Asia dicetak oleh Muhammad Kafiatur Rizky ('45+1), dan menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan final Piala AFF U-16 2022 tersebut.

Kemenangan Timnas U-16 disebut jadi  hadiah HUT RI ke-77. Karenanya, Menpora memuji kerja keras dan semangat tinggi yang ditunjukan para pemain. 

"Kita patut bersyukur Timnas U-16 kita bisa menjadi juara. Saya melihat anak-anak bermain dengan semangat tinggi serta militan," kata Menpora.

Pujian dan apresiasi tinggi pun juga ditujukan kepada pelatih Timnas U-16 yang juga merupakan mantan gelandang Timnas di era-nya, yakni Bima Sakti

Pelatih 46 tahun itu dinilai bisa meramu dan menjaga kekompakan tim, baik di dalam maupun luar lapangan.

Hal tersebut tidak mudah, sebab para pemain Timnas U-16 emosinya masih labil sehingga butuh pendekatan khusus. 

"Saya sangat mengapresiasi coach Bima Sakti dkk, juga terima kasih kepada anak-anak Timnas yang telah membanggakan bangsa. Kemenangan ini adalah hadiah HUT RI ke-77," ujar Menpora. 

"Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari kepiawaian pelatih beserta timnya yang telah bekerja keras meramu strategi serta membangun kekompakan tim baik di lapangan maupun di luar lapangan," imbuhnya.