Liga Indonesia

Liga 1: Banyak Wasit Berulah, Wacana Teknologi VAR Kembali Digaungkan

Rabu, 17 Agustus 2022 19:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Video Assistant Referee di Piala Dunia 2018. Copyright: © INDOSPORT
Video Assistant Referee di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, belakangan menyoroti kinerja wasit di kancah Liga 1 Indonesia 2022-2023. Lagi- lagi sang pengadil lapangan hijau tersudut.

Diketahui, kinerja wasit di kancah Liga 1 memang seringkali menjadi sorotan. Keputusan mereka dinilai merugikan salah satu, atau bahkan dua klub yang bertanding.

Kritikan kali ini kembali datang dari pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. Dia tidak menilai wasit di Indonesia itu buruk, memang cuma kerap melakukan kesalahan.

"Saya tidak bilang wasit Indonesia itu buruk. Wasit memang terkadang membuat kesalahan dan itu wajar, tapi kalau kesalahannya banyak dan berulang-ulang, ya tidak bagus juga," kata Bernardo Tavares.

Terkait permasalahan ini, Bernardo Tavares menilai penggunaan Video Assistant Referee (VAR) sudah sangat dibutuhkan di kancah sepak bola Indonesia.

"Solusinya Liga 1 harus punya VAR. Kenapa tidak pakai VAR? VAR bisa meningkatkan kualitas pertandingan dan semua akan terlihat jelas di video," jelas dia.

Dorongan penggunaan VAR juga diamini oleh pelatih Rans Nusantara FC, Rahmad Darmawan. Dia mengaku sudah mengusulkan sejak dua tahun lalu, namun memang hingga saat ini belum terwujud.

"Saya sudah usulkan dari dua tahun lalu. Saya selalu mendukung apa saja untuk kemajuan sepak bola Indonesia," ujar Rahmad Darmawan.