Liga Indonesia

Deretan Pemain Persib dan Bali United yang Pernah Dilatih Luis Milla

Selasa, 23 Agustus 2022 13:00 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Igara Vanda Arifano/INDOSPORT
Ada sejumlah pemain Persib Bandung dan Bali United yang pernah dilatih oleh Luis Milla saat jadi pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © Igara Vanda Arifano/INDOSPORT
Ada sejumlah pemain Persib Bandung dan Bali United yang pernah dilatih oleh Luis Milla saat jadi pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut deretan pemain dari dua klub raksasa Liga 1 2022/23 yakni Persib Bandung dan Bali United yang pernah dilatih oleh Luis Milla.

Seperti diketahui, pekan keenam Liga 1 2022/23 akan menghadirkan big match antara Persib Bandung vs Bali United. Duel ini digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Selasa (23/08/22) pukul 15.30 WIB.

Persib Bandung yang baru saja menunjuk Luis Milla sebagai pelatih menggantikan Robert Rene Alberts tentu tidak ingin malu di kandang sendiri.

Sementara itu, Bali United punya misi untuk mencuri poin dari Maung Bandung. Pasukan Stefano Cugurra Teco ingin melanjutkan tren positif pasca mengalahkan tuan rumah Barito Putera dengan skor 2-1.

Duel ini tentu sudah dinanti-nanti oleh masyarakat Indonesia, lantaran Persib Bandung dan Bali United merupakan tim besar di Liga 1.

Yang paling menjadi sorotan adalah adanya sosok Luis Milla yang kemungkinan sudah bisa menjalani debut. Eks pelatih Timnas Indonesia itu sudah tiba di Bandung sejak Senin (22/08/22) siang WIB.

Luis Milla tidak hanya menjalani reuni dengan eks anak asuhnya di Persib Bandung. Namun ada juga sejumlah pemain berlabel Timnas Indonesia di kubu Bali United.

Setidaknya ada lima pemain yang pernah menjadi anak kesayangan Luis Milla di kubu Persib Bandung dan Bali United. Siapa saja mereka?

Febri Hariyadi (Persib Bandung)

Gelandang Persib Bandung yaitu Febri Hariyadi merupakan salah satu pemain kesayangan Luis Milla.

Namanya mulai dikenal publik sejak Luis Milla memanggilnya ke Timnas Indonesia U-23 untuk ajang SEA Games 2017 lalu.

Saat itu, Febri Hariyadi sukses membawa Garuda Muda menyabet medali perunggu. Namun, performanya mulai meredup setelah Luis Milla dipecat PSSI pasca Asian Games 2018.

Ia masih sempat menjadi pilihan utama di era Bima Sakti. Tetapi namanya kemudian tenggelam seiring prestasi jeblok Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 lalu.

Ezra Walian (Persib Bandung)

Setelah Febri Hariyadi, ada sosok pemain naturalisasi bernama Ezra Walian. Ia memulai debut di Timnas Indonesia saat resmi menjadi WNI pada 2017 lalu.

Ketika itu, Luis Milla memanggilnya saat Timnas Indonesia bersua Myanmar di laga uji coba pada 21 Maret 2017.

Penampilan apiknya membuat Ezra Walian kemudian menjadi bagian Timnas Indonesia U-23 untuk ajang SEA Games 2017 lalu. Sayang, ia gagal mempersembahkan medali emas saat itu.

Ricky Fajrin (Bali United)

Beralih ke kubu Bali United, ada sosok Ricky Fajrin yang sempat menjadi pemain andalan Luis Milla di Timnas Indonesia.

Ia hampir selalu diturunkan sebagai starter saat membela Timnas Indonesia di SEA Games 2017. Kecuali, pada partai terakhir babak penyisihan ketika Garuda Muda melawan Vietnam.

Luis Milla juga berhasil menjadikan Ricky Fajrin sebagai bek tengah dari posisi aslinya sebagai bek kiri.

Berkat performa apiknya, Ricky Fajrin ikut dipanggil Luis Milla memperkuat Timnas Indonesia untuk Asian Games 2018 lalu.

Irfan Jaya (Bali United)

Saat Timnas Indonesia diasuh oleh Luis Milla, Irfan Jaya sempat menjadi pemain kesayangan eks pelatih Spayol tersebut.

Mantan penyerang Persebaya Surabaya dan PSS Sleman ini menjadi andalan saat Timnas Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Asian Games 2018 lalu.

Berbeda dengan Febri Hariyadi dan Ricky Fajrin, Irfan Jaya mampu tampil konsisten hingga saat ini. Terbukti ia menjadi andalan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020 dan Kualifikasi Piala Asia 2023 lalu.

Ilija Spasojevic (Bali United)

Sosok terakhir di kubu Bali United yang sempat dilatih oleh Luis Milla adalah Ilija Spasojevic atau yang lebih sering dipanggil  Spaso.

Ia sempat membela Timnas Indonesia ketika melakoni laga uji coba tidak resmi melawan Tim Nasional Suriah U-23 pada November 2017.

Satu pekan kemudian, Spaso akhirnya menjalani debut resmi bersama Timnas Indonesia dengan membawa Garuda menang atas Guyana dengan sko 2-1.

Hebatnya, Spaso mampu membuat Luis Milla terpukau dengan sukses memborong dua gol ke gawang Guyana.

Setelah itu, Luis Milla memberi kepercayaan kepada Spaso untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Aceh World Solidarity Tsunami Cup 2017 dan PSSI Anniversary Cup 2018 lalu.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DISINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan Liga 1 dan Hidupkan Inspirasimu bareng Indomie!