Liga Indonesia

Tanpa Zanadin Fariz, Rasiman Sebut Senjata Lain Persis Solo saat Hadapi Borneo FC

Sabtu, 27 Agustus 2022 15:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persis Solo, Zanadin Fariz mencoba melewati hadangan bek Persija Jakarta, Hansamu Yama pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persis Solo, Zanadin Fariz mencoba melewati hadangan bek Persija Jakarta, Hansamu Yama pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

INDOSPORT.COM - Persis Solo akan bermain tanpa Zanadin Fariz saat meladeni tuan rumah Borneo FC pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (28/08/22) malam. Absennya Zanadin tak membuat Laskar Sambernyawa khawatir.

Zanadin boleh saja baru berusia 18 tahun. Ia masih dalam gendongan orang tua saat Fabiano Beltrame sudah membela Persela Lamongan pada tahun 2005 lalu.

Namun, Zanadin kini merupakan pilar penting bagi Persis Solo. Ia selalu bermain dalam enam pertandingan awal kompetisi Liga 1. Terbaru, Zanadin main 66 menit saat Persis Solo menang 1-0 atas Madura United.

Performa apik Zanadin pada akhirnya dilirik Shin Tae-yong untuk disertakan dalam skuad Timnas Indonesia U-20. Zanadin harus absen karena pada saat bersamaan Timnas U-20 menggelar pemusatan latihan di Jakarta.

Alhasil, Persis Solo untuk kali pertama musim ini akan bermain tanpa Zanadin. Tentu ini menjadi sebuah kehilangan besar mengingat peran Zanadin bukan sekadar mengalirkan bola, namun juga pemutus serangan lawan.

Namun begitu, caretaker Persis Solo, Rasiman, tak khawatir ketika Zanadin absen membela timnya. Ada banyak stok gelandang tengah sebagai opsi pengganti Zanadin.

"Saya rasa kita ada banyak pemain di sektor itu (gelandang tengah). Ada Kanu (Helmiawan), ada Sutanto Tan," kata Rasiman.

Musim ini, Kanu Helmiawan sudah tampil dalam tiga pertandingan. Dalam laga melawan Madura United, Kanu masuk menggantikan Zanadin menit ke-66.

Sementara untuk Sutanto Tan, pemain asal Batam ini sudah main empat kali. Eks PSM Makassar main lawan Madura United sebagai pengganti Taufiq Febriyanto.

Rasiman menyebut, andaikan Zanadin tak dipanggil Timnas U-20 pun, rotasi berpotensi dilakukan melawan Borneo FC. Ia melihat perlunya perubahan pada sektor tengah.