Liga Indonesia

Liga 2: Imran Nahumarury Bicara Kesiapan PSIM Jelang Hadapi Persikab

Minggu, 28 Agustus 2022 14:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Indosport.com
Logo klub Liga 2, PSIM Yogyakarta. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Logo klub Liga 2, PSIM Yogyakarta.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIM Yogyakarta, Imran Nahumarury, memastikan timnya sudah siap menghadapi Persikab Kabupaten Bandung dalam pembuka Liga 2 2022-2023 di Stadion Jalak Harupat, Minggu (28/8/22).

Laga pembuka jelas tidak mudah. Penentu pertandingan bukan sekadar kematangan taktik, melainkan juga mental pemain. Ketika psikologis terjaga, taktik juga bisa dijalankan.

Hal itulah yang membuat Imran tak fokus berbicara soal taktik lagi. Masa persiapan akhir sudah difokuskan pada menyiapkan mental pemain.

Hal itu jelas lebih dibutuhkan oleh 22 pemain yang dibawa ke Bandung. Saat rasa tegang bisa dilawan, PSIM Yogyakarta bisa lebih siap melakoni pembuka kompetisi musim ini.

"Persiapan menghadapi Persikab ini sudah jauh-jauh hari, dimana saat uji coba kita perbaiki, dalam latihan juga dievaluasi," kata Imran dalam jumpa pers, Sabtu (27/8/22). 

"Kalau sudah dekat-dekat seperti ini kita sudah tidak banyak bicara taktikal, tapi kita bicara bagaimana psikologis," cetusnya. 

PSIM dihuni mayoritas pemain yang sudah berpengalaman di Liga 2 dan Liga 1. Maka, dalam situasi menuju laga pembuka, Imran dimudahkan dalam mengatur psikologis skuat Laskar Mataram.

"Jaga mentalitas mereka, karena saat ini pasti tegang. Dua hari ini hanya jaga mentalitas saja, jaga mood para pemain," tutur Imran.

Berbicara kekuatan lawan, Imran menilai Persikab Bandung merupakan tim bagus yang dihuni banyak pemain berpengalaman.

Mantan pelatih PSIS Semarang ini juga sudah mengetahui beberapa nama yang ada di Persikab Bandung. Namun, dia tak mau berfokus pada sosok tertentu dalam melakukan penjagaan.

"Tentu ada (yang diwaspadai), tapi saya pikir sepak bola itu tidak tergantung pada satu dua pemain saja," jelas Imran Nahumarury.

Imran pun mengingatkan agar Diego Banowo dkk. menjaga setiap pemain Persikab, terutama yang mendekati area dekat gawang PSIM.

"Saya selalu bilang pada para pemain, semua pemain berbahaya. Siapa pun yang dekat dengan gawang, dia akan berbahaya, tidak hanya yang punya bola, tapi juga yang tanpa bola. Jadi, semua pemain Persikab akan kita waspada," ucap Imran.