Bola Internasional

Pulang Kampung, Legenda Timnas Indonesia Belum Bisa Latih Fabregas Cs di Como 1907

Kamis, 8 September 2022 20:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© BaBe
Kurniawan Dwi Yulianto, mantan pemain Timnas Indonesia. Copyright: © BaBe
Kurniawan Dwi Yulianto, mantan pemain Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Legenda timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, beberapa waktu lalu mendapatkan kesempatan menimba ilmu sekaligus melatih klub Serie B Liga Italia, Como 1907. Tapi, belakangan dia justru kembali ke Tanah Air.

Kurniawan terpaksa kembali ke Indonesia karena belum bisa melatih di Como 1907. Lisensinya tak memenuhi regulasi dan dia juga harus pulang untuk menyelesaikan modul terakhir lisensi AFC Pro. 

Mirwan Suwarso yang notabene perwakilan Mola selaku sponsor utama Como 1907 menjelaskan, Kurniawan memang sedang di Indonesia. Mantan striker kenamaan era 2000-an itu akan dibantu melanjutkan kursus kepelatihan di Eropa setelah merampungkan lisensi AFC Pro. 

"Kurniawan kami bantu belajar, sekarang dia selesaikan kursus AFC dulu. Setelah selesai baru akan bergabung dan didaftarkan ke UEFA buat ikut lisensinya," tutur Mirwan Soewarso, Kamis (8/9/22). 

"Meski dia sudah observasi dan sempat ikut melatih (di Como 1907), dia belum boleh karena lisensinya belum sesuai makanya (Kurniawan) pulang," imbuhnya. 

Mirwan mengatakan, Kurniawan pulang sekaligus menyelesaikan izin kerja karena visanya untuk izin kerja di Italia masih rumit. Jika semuanya sudah selesai, eks pelatih Sabah FC itu bisa bergabung ke Como 1907. 

Sementara itu, Kurniawan Dwi Yulianto membenarkan jika dia sedang menyelesaikan lisensi AFC Pro. Dia kini sedang berada di Malaysia. 

"Saya lagi di Malaysia karena harus menyelesaikan modul terakhir AFC Pro saya karena dari lima modul. Yang terakhir itu tertunda gara-gara covid-19 kemarin di 2020," ujarnya ketika dikonfirmasi INDOSPORT