Bola Internasional

5 Transfer Pelatih Termahal di Dunia: Graham Potter Ungguli Juru Taktik Gagal Chelsea

Sabtu, 10 September 2022 21:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Toby Melville
Pelatih baru Chelsea, Graham Potter saat masih menukangi mantan timnya, Brighton, melawan Newcastle United (13/08/22). (Foto: REUTERS/Toby Melville) Copyright: © REUTERS/Toby Melville
Pelatih baru Chelsea, Graham Potter saat masih menukangi mantan timnya, Brighton, melawan Newcastle United (13/08/22). (Foto: REUTERS/Toby Melville)

INDOSPORT.COM – Berikut 5 transfer pelatih termahal di dunia, pasca Graham Potter resmi ditebus Chelsea dari Brighton & Hove Albion.

Chelsea telah mengumumkan mantan pelatih Brighton, Graham Poter sebagai pelatih barunya untuk menggantikan Thomas Tuchel.

Tuchel sendiri harus dipecat dari jabatannya usai dilaporkan berselisih dengan para pemilik baru Chelsea, yakni konsorsium Todd Boehly.

Perselisihan ini disebut-sebut telah berlangsung sejak tur pramusim Chelsea di Amerika Serikat. Disebutkan penyebab utamanya adalah kepasifan Tuchel dalam hal perekrutan pemain.

Kepergian Tuchel ini kemudian membuat Chelsea langsung mencari penggantinya. Dan dalam waktu kurang dari 2x24 jam, The Blues meresmikan Graham Potter sebagai pelatih anyarnya.

Pelatih berusia 47 tahun itu ditebus oleh Chelsea dari Brighton dengan mahar 18,4 juta euro (Rp275 miliar), seiring masih adanya kontrak yang ia miliki bersama The Seagulls.

Angka tersebut tergolong besar untuk pelatih yang belum pernah sama sekali menukangi tim-tim papan atas maupun mencetak prestasi gemilang.

Meski begitu, Chelsea berani bertaruh dengan sosok Graham Potter dan menebus klausul rilisnya yang setara harga seorang pemain di sepak bola saat ini.

Tak ayal, besarnya dana yang dikeluarkan Chelsea membuat Graham Potter kemudian masuk dalam daftar transfer pelatih termahal di dunia.

Dari 5 daftar transfer pelatih termahal di dunia, di nomor berapakah Graham Potter? Dan siapakah pelatih yang bisa menembus daftar ini?