Liga Indonesia

Kualifikasi Piala Asia U-20 Dimulai, Timnas Indonesia Wajib Manfaatkan Status Tuan Rumah

Selasa, 13 September 2022 18:59 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan pelatih Timor Leste, Gopalkrishnan A S Ramasamy pada jumpa pers jelang Kualifikasi Piala Asia U-20, Selasa (13/09/22). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan pelatih Timor Leste, Gopalkrishnan A S Ramasamy pada jumpa pers jelang Kualifikasi Piala Asia U-20, Selasa (13/09/22).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 wajib memanfaatkan statusnya sebagai tim tuan rumah, pada Grup F Babak Kualifikasi Piala Asia U-20 yang berlangsung di Uzbekistan tahun 2023 mendatang.

Tim Garuda Muda memang cukup beruntung setelah ditunjuk sebagai tim tuan rumah. Selain Indonesia U-20, Grup F juga dihuni oleh Timor Leste, Vietnam dan juga Hong Kong.

Shin Tae-yong pun tahu betul dengan status sebagai tim tuan rumah. Maka dari itu, dia meminta Muhammad Ferrari dkk untuk memaksimalkan keuntungan tersebut.

"Kami harus bekerja keras dengan status tuan rumah, yang berarti bermain di home (kandang sendiri)," ucap Pelatih Timnas Indonesia itu dalam press conferrence di Surabaya Selasa (23/09/22).

Bermain di home, artinya Skuat Indonesia diuntungkan dengan dukungan dari suporter. Hal ini lah yang diharapkan menjadi motivasi pemain untuk mencapai ekspektasi.

Apalagi, Timnas U-19 wajib mengunci posisi juara Grup F jika ingin melaju mulus ke putaran final Piala Asia U-20 yang berlangsung di Uzbekistan nanti.

Sementara jika finis sebagai runner-up grup, maka Timnas U-19 harus bersaing sebagai tim terbaik dengan para runner-up lainnya.

"Jika ingin mencapai prestasi, kami harus bekerja keras dengan (melawan tiga negara) di-grup ini," Shin Tae-yong kembali menandaskan.

Perjuangan Timnas Indonesia U-19 akan dijalani sepanjang pekan ini. Timor Leste menjadi lawan pertama tim Merah Putih di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (14/09/22).

Setelah itu, Timnas U-19 akan menghadapi Hong Kong U-20 pada Jumat (18/09/22) dan Vietnam menjadi lawan terakhir pada Minggu (18/09/22) mendatang.