Liga Indonesia

Identik dengan Permainan Keras, Timor Leste Sudah Tobat di Kualifikasi Piala Asia U-20?

Rabu, 14 September 2022 13:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ki-ka: Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan pelatih Timor Leste, Gopalkrishnan A S Ramasamy pada jumpa pers jelang Kualifikasi Piala Asia U-20, Selasa (13/09/22). Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Ki-ka: Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) dan pelatih Timor Leste, Gopalkrishnan A S Ramasamy pada jumpa pers jelang Kualifikasi Piala Asia U-20, Selasa (13/09/22).

INDOSPORT.COM - Timor Leste bakal mengisi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan performa lebih baik dibanding kiprah mereka di Piala AFF U-19 lalu.

Jadwal berat sudah harus mereka jalani pada laga perdana Grup F yang berlangsung secara terpusat di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (14/9/22).

Timor Leste mesti berusaha keras merebut poin menghadapi Indonesia pada jam kedua matchday 1. Sementara pada jam pertama, Vietnam melawan Hong Kong lebih dulu.

Pertemuan dengan timnas Indonesia tentu menghadirkan cerita tersendiri bagi bekas provinsi ke-27 tersebut. Hampir pasti duel berlangsung dengan tempo tinggi.

Namun, gaya permainan keras yang melekat kepada Timor Leste bakal secara perlahan diubah, setidaknya berdasarkan pengakuan pelatih Gopalkrishnan Ramasamy. 

"Saya selalu menginstruksikan kepada semua pemain di tim ini untuk fokus menampilkan permainan sepak bola yang baik dan benar," tutur Gopalkrishnan Ramasamy saat press conferrence Selasa (13/9/22).

Gopal pun mengerti dengan sejarah pertemuan Timor Leste setiap kali bertemu Indonesia. Selalu ada kartu kuning bahkan kartu merah di laga itu.

Namun, Timor Leste selalu menelan kekalahan meski menerapkan cara bermain seperti itu. Dua pertemuan terakhir menjadi contoh lantaran mereka dipermak 1-4 dan 0-3 dalam laga uji coba di Bali, Januari lalu.

"Sepak bola memang permainan yang penuh dengan aspek emosi. Kami harus memantau aspek emosi pemain dengan baik. Jangan sampai mereka tersulut dan terpengaruh dengan permainan di atas lapangan," imbuh pelatih asal Malaysia itu.