In-depth

3 'Dosa' Massimiliano Allegri pada Juventus Periode Ini, Bakal Dipecat?

Kamis, 15 September 2022 16:46 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Jennifer Lorenzini
Massimiliano Allegri sedang dikaitkan dengan pintu keluar klub Liga Italia (Serie A), Juventus. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini. Copyright: © REUTERS/Jennifer Lorenzini
Massimiliano Allegri sedang dikaitkan dengan pintu keluar klub Liga Italia (Serie A), Juventus. Foto: REUTERS/Jennifer Lorenzini.

INDOSPORT.COM - Massimiliano Allegri sedang dikaitkan dengan pintu keluar klub Liga Italia (Serie A), Juventus, menyusul hasil minor mereka awal musim ini.

Sepanjang sejarahnya sebagai pelatih, Massimiliano Allgeri tercatat dua kali menangani Juventus, yakni 2014 dan 2021.

Periode pertamanya bersama klub asal Turin ini terbilang sukses dengan seabrek gelar yang berhasil diraih.

Tidak tanggung-tanggung, lima gelar Serie A Liga Italia berhasil digondol selama kurun waktu 2014 sampai dengan 2019.

Bukan hanya itu, ia juga membantu Si Nyonya Tua menjuarai Coppa Italia dan Supercoppa Italiana. Namun terlepas dari itu, Juventus ternyata cukup apes soal saat harus berlaga di kancah Eropa.

Dalam masa kepelatihan Massimiliano Allegri yang pertama di Turin, Juventus hanya mentok menjadi runner-up Liga Champions edisi 2014-2015 dan 2016-2017.

Mereka harus puas melihat finalis lainnya di masing-masing edisi, yakni Barcelona dan Real Madrid, mengangkat trofi Si Kuping Besar tepat di depan mata.

Dengan sumbangsih yang cukup lumayan bagi Juventus, Massimiliano Allegri pun meninggalkan klub pada akhir musim 2018-2019.

Padahal kala itu, Juventus baru saja memastikan gelar scudetto kelimanya. Selain itu, sebagai pelatih Massimiliano Allegri juga mencatatkan persentase kemenangan tertinggi sepanjang sejarah klub.

Setelah angkat kaki pada 2019, Massimiliano Allegri kemudian dipekerjakan kembali sebagai pelatih pada 2021 menggantikan Andrea Pirlo.