Bola Internasional

Negara-negara yang Dilarang Tampil di Piala Dunia karena Curang, Ekuador Selanjutnya?

Jumat, 16 September 2022 11:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Buda Mendes/Getty Images
Selebrasi Pemain Ekuador Usai Cetak Gol di Copa America 2021 Copyright: © Buda Mendes/Getty Images
Selebrasi Pemain Ekuador Usai Cetak Gol di Copa America 2021

INDOSPORT.COM – Berikut negara-negara yang dilarang tampil di Piala Dunia usai ketahuan berbuat curang. Akankah Ekuador menjadi negara selanjutnya yang dilarang?

Jelang perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar pada November mendatang, terdapat sebuah polemik yang menyeret negara Ekuador.

Hal ini tak lepas dari hadirnya keberatan yang disampaikan Chile terkait adanya pemalsuan yang dilakukan oleh tim asal Amerika Selatan tersebut.

Sesaat setelah Ekuador memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022, Asosiasi Sepak Bola Chile atau FFCh, melaporkan adanya pemalsuan dokumen yang dilakukan rivalnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, FFCh melapokan kepada FIFA bahwa salah satu pemain Ekuador, Bryan Castillo telah memalsukan dokumen kelahirannya.

Dalam akta lahirnya, Castillo sejatinya tercatat lahir di Tumaco, Kolombia pada 1995, bukan di Villamil Playas, Ekuador pada 1998. Selain itu, dirinya juga merupakan seorang imigran ilegal.

Protes dari FFCh ini membuat FIFA pun tergerak dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Hanya saja, induk sepak bola dunia itu menolak protes tersebut.

Namun belakangan tersebar wawancara bahwa Castillo benar-benar orang Kolombia, dan dokumennya kelahirannya tersebut palsu.

Hal ini pun membuat munculnya desakan agar FIFA melakukan investigasi lebih dalam agar polemik ini selesai sebelum Piala Dunia 2022.

Jika FIFA membenarkan pemalsuan ini, maka Ekuador bisa saja dilarang tampil di Piala Dunia 2022 dan mengikuti jejak negara-negara yang pernah dilarang tampil di ajang ini akibat bertindak curang. Negara mana sajakah itu?