Bola Internasional

Banding Ditolak, Mimpi Chile ke Piala Dunia 2022 Resmi Pupus

Sabtu, 17 September 2022 16:09 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Isman Fadil
© REUTERS/Ricardo Moraes
Mimpi Chile ke Piala Dunia Qatar 2022 telah resmi pupus, setelah banding yang mereka lakukan ditolak oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). (Foto: REUTERS/Ricardo Moraes) Copyright: © REUTERS/Ricardo Moraes
Mimpi Chile ke Piala Dunia Qatar 2022 telah resmi pupus, setelah banding yang mereka lakukan ditolak oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). (Foto: REUTERS/Ricardo Moraes)

INDOSPORT.COM – Mimpi Chile ke Piala Dunia Qatar 2022 telah resmi pupus, setelah banding yang mereka lakukan ditolak oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Banding tersebut terkait dengan Byron Castillo, yang dianggap oleh Chile sebenarnya memiliki kewarganegaraan Kolombia, dan bukan Ekuador.

Namun, Chile harus menerima dengan lapang dada, setelah tuntutan tersebut resmi ditepis oleh FIFA. Serta, menganggap bahwa Bryan Castillo memiliki syarat yang sah untuk membela Ekuador.

Melansir dari Aljazeera, FIFA resmi mengatakan bahwa Bryan Castillo meruapakan pemain yang berkewarganegaraan Ekuador, dan memiliki dokumen yang sesuai.

“FIFA menganggap bahwa berdasarkan dokumen yang disajikan, pemain itu (Bryan Castillo) dianggap memiliki kewarganegaraan Ekuador permanen sesuai dengan undang-undang hukum sepak bola,” ungkap undang-undang FIFA.

Dengan demikian, Chile harus mengubur mimpinya dalam-dalam untuk bisa berpartisipasi dalam ajang Piala Dunia 2022 Qatar.

Pasalnya, La Roja, julukan timnas Chile harus merelakan Ekuador berada di jalur yang tepat, dengan berkesempatan melawan Qatar, dalam laga pembuka Piala Dunia 2022.

Hal tersebut terjadi berkat putusan FIFA, yang menjunjung tinggi keputusan disiplin, dan telah resmi diputuskan bahwa Castillo merupakan pemain Ekuador, tidak terpengarug dengan tempat tinggalnya.

“Setiap orang yang memegang kewarganegaraan permanen yang tidak bergantung pada tempat tinggal di negara tertentu berhak bermain untuk tim perwakilan dari asosiasi negara itu,” menurut undang-undang.

Kendati demikian, Chile tidak menyerah begitu saja, dan masih berusaha untuk menaikkan banding, agar tetap bisa perpartisipasi dalam Piala Dunia 2022 Qatar.