In-depth

3 Laga Terbaik Curacao Lawan Tim-Tim Asia, Ancaman bagi Timnas Indonesia?

Kamis, 22 September 2022 17:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Timnas Indonesia memulai persiapan jelang menghadapi laga FIFA Match Day melawan Curacao pada 24 dan 27 September mendatang. Foto: PSSI. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia memulai persiapan jelang menghadapi laga FIFA Match Day melawan Curacao pada 24 dan 27 September mendatang. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan menghadapi lawan lumayan tangguh di FIFA Matchday pekan ini yakni Curacao.

Dari segi ranking, Curacao memang mengangkangi jauh Indonesia lantaran berada di peringkat 84 FIFA per tanggal 25 Agustus 2022.

Sementara itu, Timnas Indonesia terpaut setidaknya 71 tangga dari Curacao di klasemen. Mereka saat ini bertengger di ranking 155.

Timnas Curacao sendiri sudah mencetak cukup prestasi di dunia si kulit bundar meski bukan berasal dari negara besar.

Curacao merupakan negara yang berada di wilayah Laut Karibia. Dalam bahasa Belanda, Timnas sepak bola mereka bernama Curaçaose Voetbal Bond (CVB) yang didirikan pada tahun 1921.

Sejak pertama berdiri, tim yang bernaung di bawah bendera CONCACAF ini sudah menggondol sejumlah gelar walau namanya tidak bergema seperti Meksiko, AS, Kanada, maupun Trinidad Tobago.

Selain itu, Timnas Curacao sepanjang perjalanannya pun sudah sering memakai jasa para pelatih Belanda macam Patrick Kluivert dan Guus Hiddink.

Sekarang, mereka pun ditangani pelatih asal Negeri Kincir Angin, Remko Bicentini. Eks pemain De Treffers tersebut sempat keluar masuk Timnas Curacao, hingga yang terkini bergabung pada tahun 2022 ini.

Lantas seperti apa kekuatan Curacao jelang lawan Timnas Indonesia di laga FIFA Matchday tanggal 24 September mendatang?

Berdasarkan catatan sejarah, mereka pernah punya catatan yang lumayan saat melawan tim-tim dari Benua Asia.