Liga Indonesia

Jelang Hadapi PSM Makassar, Kebugaran Tiga Pilar Persis Solo Masih Dipantau

Jumat, 23 September 2022 16:06 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
© Persis Solo
Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo Copyright: © Persis Solo
Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Persis Solo masih memantau kebugaran tiga pilar menuju laga melawan PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Manahan Solo, Kamis (29/9/22). Andaikan Jaimerson Xavier dkk. belum bisa main, rotasi akan dilakukan lagi.

Ada tiga pemain yang kebugarannya masih dipantau, yakni Taufiq Febriyanto, Fernando Rodrigues dan Jaimerson Xavier. Ketiganya sudah absen saat Laskar Sambernyawa menang atas Bali United 2-0, Kamis (15/09/22).

Taufiq, Fernando dan Jaime mengalami cedera yang berbeda-beda. Dari tiga nama tersebut, Jaime menjadi yang paling dikhawatirkan untuk absen melawan PSM.

Jaime mengalami cedera hamstring saat laga melawan PSIS Semarang, 3 September lalu. Meski sudah gabung latihan, namun eks pilar Persija Jakarta ini masih melakukan program terpisah.

Ketiadaan Jaime sempat menjadi masalah saat melawan PSS Sleman. Kala itu, dua gol PSS tercipta karena ada kesalahan dari lini belakang Persis Solo sendiri.

Namun saat melawan Bali United, tugas Jaime bisa digantikan dengan bagus oleh Andri Ibo. Caretaker Persis Solo, Rasiman, masih akan memantau kesiapan setiap pemain.

"Ada Fabiano dan andri Ibo yang tersedia, tapi nanti kita lihat siapa yang fit menjelang lawan PSM," kata Rasiman.

Cedera hamstring biasanya memerlukan waktu pemulihan lebih dari sebulan. Bahkan jika kondisi cederanya masuk level menengah, waktu pemulihan bisa dua hingga tiga bulan.

Terkait hal itu, Rasiman tak khawatir andaikata Jaime memang belum bisa tampil. Menurutnya, Fabiano bisa melakukan tugas menghalau bola tusukan maupun udara dengan bagus.

"Jika Jaime belum bisa, saya rasa Fabiano juga melakukan tugasnya dengan baik. Diluar gol bunuh diri (lawan PSS), tapi menurut saya itu lebih ke sial sih," tutur Rasiman.