Liga Indonesia

Asnawi Cedera, Shin Tae-yong Puji Kinerja Yakob Sayuri Sebagai Penggantinya

Minggu, 25 September 2022 15:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Aksi Yakob Sayuri dalam laga timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/9/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Aksi Yakob Sayuri dalam laga timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/9/22).

INDOSPORT.COM - Bek kanan timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, tidak dimainkan dalam laga uji coba lawan Curacao di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/22). Dia hanya duduk di bangku cadangan. 

Absennya Asnawi menimbulkan pertanyaan mengingat selama ini dia selalu menjadi andalan pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

Rupanya, Asnawi tidak dalam kondisi ideal. Pemain Ansan Greeners itu tak dipaksakan bermain karena dikhawatirkan cederanya bertambah buruk. 

"Asnawi Mangkualam memang sempat cedera di Korea Selatan. Bisa dibilang kondisinya baru 80 sampai 90 persen," kata Shin Tae-yong selepas laga kontra Curacao. 

"Saya ingin menjaga Asnawi biar tidak cedera lagi, jadi sengaja tidak dimainkan, dan saya sengaja merencanakan untuk memainkan Asnawi untuk Piala AFF nanti," imbuhnya. 

Sebagai pengganti Asnawi, Shin Tae-yong menurunkan Yakob Sayuri. Pemain PSM Makassar itu sejatinya adalah penyerang sayap, tapi mampu bermain dengan sangat baik pada laga semalam. 

Shin Tae-yong juga cukup puas dengam penampilan Yakob Sayuri. Pelatih asal Korea Selatan itu sudah mengenal karakter sang pemain, dan semua personel timnas Indonesia wajib bisa membantu pertahanan. 

"Memang Yakob Sayuri bukan pertama kali dipilih, dia pernah bergabung tahun lalu untuk turnamen di Dubai, tapi Yakob memang kondisinya baik, jadi dipilih kembali," tuturnya. 

"Peran Yakob untuk penyerangan baik, tapi untuk pertahanan itu sama semua. Siapa yang mengisi pos pertahanan itu semua sama. Untuk Yakob Sayuri itu saya nilai baik," lanjut Shin Tae-yong.