Liga Indonesia

PSS Sleman vs Persita: Bedah Kualitas Seto Nurdiantoro dan Angel Alfredo Vera

Kamis, 29 September 2022 09:27 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Igara Vanda Arifano/INDOSPORT
Membedah kualitas dua pelatih kenamaan, Seto Nurdiantoro dan Angel Alfredo Vera jelang duel Liga 1 2022-2023 pekan ke-11 antara PSS Sleman vs Persita Tangerang. Copyright: © Igara Vanda Arifano/INDOSPORT
Membedah kualitas dua pelatih kenamaan, Seto Nurdiantoro dan Angel Alfredo Vera jelang duel Liga 1 2022-2023 pekan ke-11 antara PSS Sleman vs Persita Tangerang.

INDOSPORT.COM – Membedah kualitas dua pelatih kenamaan, Seto Nurdiantoro dan Angel Alfredo Vera jelang duel Liga 1 2022-2023 pekan ke-11 antara PSS Sleman vs Persita Tangerang.

Liga 1 2022-2023 akan segera bergulir dalam waktu dekat dan akan menyajikan partai-partai menarik di pekan ke-11 pasca jeda internasional ini.

Salah satu partai yang dinantikan adalah duel antara PSS Sleman melawan Persita Tangerang yang akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (29/09/22).

Duel ini akan menjadi duel pembuktian antara dua tim papan tengah dan kedua pelatih yang menukangi kedua tim tersebut.

Dalam menghadapi laga ini, tuan rumah PSS Sleman bertekad kembali ke jalur kemenangan usai gagal meraih tiga poin di laga terakhirnya kontra Persikabo 1973.

Sedangkan Persita berhasrat meneruskan rekor positif di dua pertandingan terakhirnya usia menahan imbang tim kuat Borneo FC dan menang atas PSIS Semarang.

Di sisi lain, duel ini juga akan menjadi pertaruhan dua pelatih jempolan di kedua kubu, yakni Seto Nurdiantoro dari PSS Sleman dan Angel Alfredo Vera dari Persita.

Seto Nurdiantoro yang sempat diguncang isu mundur, belakangan mulai menunjukkan tajinya dengan membawa PSS Sleman meraih hasil positif di Liga 1.

Sedangkan Alfredo Vera yang sempat gagal membawa Persipura Jayapura lolos dari degradasi, mulai menunjukkan taringnya bersama Persita sehingga sempat bersaing di papan atas.

Jelang duel ini, bagaimana rekam jejak dari Seto Nurdiantoro dan Alfredo Vera? Berikut INDOSPORT sajikan kiprah dan kualitas kedua pelatih tersebut jelang PSS Sleman vs Persita Tangerang.

Kualitas Seto Nurdiantoro

Seto Nurdiantoro merupakan salah satu pelatih lokal yang punya nama besar dan disegani di kancah sepak bola nasional.

Selain karena statusnya sebagai mantan penggawa Timnas Indonesia, pria berusia 48 tahun ini dikenal sebagai pelatih yang progresif.

Sematan itu didapatkannya jika melihat permainan anak asuhnya, di mana Seto mampu membuat timnya bermain menghibur dengan umpan-umpan pendek.

Berkat tangan dinginnya, Seto mampu membawa PSS Sleman yang telah 11 tahun absen dari pentas teratas sepak bola Indonesia, berhasil promosi ke Liga 1 pada 2018.

Seto pun sempat hampir membawa rival PSS Sleman, PSIM Yogyakarta juga promosi ke Liga 1 pada tahun 2021 lalu.

Sayangnya, langkah Seto bersama Laskar Mataram harus terhenti di perebutan tempat ketiga Liga 2 2021, usai ditumbangkan Dewa United dengan skor 0-1.

Dilansir dari Transfermarkt, pria kelahiran Kalasan ini terhitung telah melatih sejak 2013 silam, dengan menukangi PSIM Yogyakarta.

Namun jika dihitung dari jumlah laga yang dimainkan, Seto telah memimpin 71 laga resmi sebagai pelatih dengan catatan cukup seimbang, yakni 25 kemenangan, 24 hasil imbang dan 22 kekalahan dengan mencetak 84 gol dan kebobolan dengan jumlah yang sama.

Kualitas Alfredo Vera

Bila dibandingkan Seto Nurdiantoro, Angel Alfredo Vera bisa dikatakan sebagai pelatih yang lebih kenyang asam garam di dunia kepelatihan.

Pengalaman segudang Alfredo Vera ini tak lepas dari kiprahnya di kancah sepak bola nasional. Tercatat, pria berusia 50 tahun ini telah melatih 9 klub berbeda di Indonesia.

Diketahui, Alfredo Vera pertama kali melatih di Indonesia bersama Persela Lamongan yang hanya memakan waktu singkat.

Setelahnya ia hijrah ke Gresik United, kemudian memimpin tim akademi Borneo FC rentang waktu 2014 hingga 2016.

Sesudahnya, Alfredo Vera menukangi Persipura Jayapura, Persebaya Surabaya, Sriwijaya FC, Bhayangkara FC, dan Persiba Balikpapan sejak 2016 hingga 2020.

Sempat kembali ke Persipura Jayapura pada 2021 dan dicap gagal karena membawa Mutiara Hitam degradasi, Alfredo Vera tak sepi peminat usai Persita Tangerang merekrutnya pada 2022.

Selama melatih di Indonesia, Alfredo Vera tergolong berprestasi. Salah satu prestasinya membawa Persipura Jayapura menjuarai ISC A 2016.

Terhitung selama satu dekade lebih melatih di Indonesia, Alfredo Vera tercatat telah memimpin 89 pertandingan resmi, seperti yang dilansir dari Transfermarkt.

Dalam 89 penampilan itu, Alfredo Vera mampu meraih 36 kemenangan, 23 hasil imbang, dan 30 kekalahan dengan mencetak 131 gol dan kebobolan 125 gol.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DISINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan Liga 1 dan Hidupkan Inspirasimu bareng Indomie!