Liga Inggris

Kalidou Koulibaly Ceritakan Alasan Pilih Senegal, Padahal Bisa Bela Timnas Prancis

Jumat, 30 September 2022 19:17 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© Alessandro Sabattini/Getty Images
Selebrasi Kalidou Koulibaly usai cetak gol ke gawang Chievo di lanjutan Serie A Italia, Minggu (14/04/19), di Stadion Marcantonio Bentegodi. Copyright: © Alessandro Sabattini/Getty Images
Selebrasi Kalidou Koulibaly usai cetak gol ke gawang Chievo di lanjutan Serie A Italia, Minggu (14/04/19), di Stadion Marcantonio Bentegodi.

INDOSPORT.COM - Bek klub raksasa Liga Inggris, Chelsea, Kalidou Koulibaly menceritakan karir sepak bolanya termasuk alasan pilih Senegal padahal bisa bela Timnas Prancis.

Bintang berusia 31 tahun yang baru saja gabung Chelsea dari Napoli di musim panas 2022 kemarin, memang lahir di Saint-Die-des-Vosges, kota di bagian timur laut Prancis. 

Koulibaly mengawali perjalanannya di sepak bola lewat akademik di Kota Saint-Die, sebelum direkrut oleh klub kenamaan di Prancis bernama Metz.

Di Metz pula, bek yang dibeli Chelsea seharga 33 juta poundsterling ini memainkan debut profesionalnya pada tahun 2009 silam. 

Setelah di Metz, klub raksasa Belgia, Genk melakukan perjudian dengan merekrutnya dan Koulibaly menghabiskan dua tahun di Luminus Arena. 

Sebelum akhirnya pindah ke Napoli pada tahun 2014, di mana klub raksasa kota Naples itulah yang membesarkan namanya. 

Selama delapan tahun di Italia, Koulibaly dikenal sebagai salah satu bek tengah terbaik di sepak bola Eropa. 

Reputasinya menjadi sangat bagus dan membuat dia sering digosipkan dengan klub-klub besar Liga Inggris, hingga akhirnya memilih Chelsea sebagai pelabuhan selanjutnya. 

Pada Juli 2022 kemarin, Koulibaly menandatangani kontrak empat tahun dengan Chelsea, yang membuat dia sudah bermain di empat negara berbeda selama karirnya.

Meski pun lahir dan tumbuh besar di Prancis, orang tua dari Koulibaly adalah orang Senegal. Sebelum usia 17 tahun, dia pun sempat ditawari jadi warga negara Prancis.