Bola Internasional

Terkait Nasib Shin Tae-yong, Pesan Menpora ke PSSI: Jangan Gonta-ganti Pelatih

Jumat, 30 September 2022 06:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Kemenpora
Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, Menpora Zainudin Amali dan Shin Tae-yong. Foto: Kemenpora Copyright: © Kemenpora
Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI, Menpora Zainudin Amali dan Shin Tae-yong. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mendukung PSSI untuk memperpanjang kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Dia menilai hal itu akan membuat skuad Garuda bisa konsisten. 

PSSI melalui ketua umum, Mochamad Iriawan belum lama ini mengutarakan niat untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong. Kinerja juru taktik 52 tahun itu dianggap memuaskan. 

Selama menangani Timnas Indonesia dari beberapa level usia, Shin Tae-yong mampu berikan catatan apik. Dia meloloskan tim senior ke Piala Asia 2023 dan timnas U-20 ke Piala Asia 2023.

Dia juga bawa tim senior jadi runner up di Piala AFF 2020 dengan memainkan banyak pemain muda. Di SEA Games 2021, Timnas U-23 diantarkan raih medali perunggu. 

Melihat progres pesat yang diberikan Shin Tae-yong untuk Timnas, Ketua Umum PSSI menyampaikan akan berkoordinasi dengan Exco PSSI untuk bicarakan perpanjangan kontrak. 

Wacana itu pun disetujui Menpora. Menurut Zainudin Amali, jika ingin melihat Timnas Indonesia berprestasi, maka PSSI tidak boleh gonta ganti pelatih karena akan mengacaukan program kerja yang sudah dibangun. 

Namun, Menpora menyerahkan semua keputusan itu ke PSSI. Dia tak ingin terlihat melakukan intervensi atau ikut campur karena bisa disanksi FIFA. 

"Saya kira itu kewenangan PSSI. Jika PSSI butuh Shin Tae-yong, itu sepenuhanya hak mereka dan kita juga lihat juga progresnya luar biasa sejauh ini dan sebaiknya memang begitu, tidak gonta-ganti pelatih," ujar Menpora, Zainudin Amali.