Bola Internasional

Nathan Tjoe-A-On, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia dan Ancaman Besar Bagi Elkan Baggott

Sabtu, 1 Oktober 2022 18:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Wikipedia/INDOSPORT
Nathan Tjoe-A-On, defender muda berbakat milik Excelsior yang punya kans untuk membela timnas Indonesia di masa depan sebagai pemain naturalisasi. Copyright: © Wikipedia/INDOSPORT
Nathan Tjoe-A-On, defender muda berbakat milik Excelsior yang punya kans untuk membela timnas Indonesia di masa depan sebagai pemain naturalisasi.

INDOSPORT.COM - Belanda seakan tidak pernah kehabisan menelurkan talenta sepak bola dengan garis keturunan Indonesia.

Yang saat ini tengah naik adalah Nathan Tjoe-A-On, defender muda berbakat milik Excelsior yang punya kans untuk membela timnas Indonesia di masa depan sebagai pemain naturalisasi.

Nathan lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001 silam dan artinya ia baru berusia 20 tahun.

Selain Belanda, dalam nadinya mengalir darah Suriname dan juga Indonesia yang didapat melalui kakek dari pihak ibunya.

Karier Nathan di sepak bola dimulai dari akademi Excelsior yang merupakan kesebelasan kota kelahirannya sendiri.

Pada 2019 ia mulai menjadi bagian dari tim inti De Roodzwarten (Merah-Hitam) yang kala itu masih berkompetisi di kasta kedua Belanda, Eerste Divisie.

Di tahun yang sama Nathan kemudian mendapat sodoran kontrak profesional pertamanya dari Excelsior. Hanya saja kemalangan besar menimpamnya tidak lama setelah itu.

Nathan Tjoe-A-On harus melewatkan 19 pertandingan di musim 2020/2021 akibat cedera pada engkel yang membutuhkan masa pemulihan lebih dari tiga bulan.

Hasilnya Excelsior hanya bisa menempati posisi kesembilan di klasemen akhir Eerste Divisie dan gagal bersaing demi tiket promosi ke level tertinggi yakni Eredivisie.