Liga Indonesia

Menpora Pastikan Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh, Sebentar Lagi Sumpah WNI

Jumat, 30 September 2022 06:44 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI Copyright: © PSSI
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh selangkah lagi selesai. Keduanya tinggal jalani sumpah untuk jadi warga begara Indonesia (WNI). 

Seperti diketahui, DPR RI telah menyetujui pengajuan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh lewat sidang paripurna pada 20 September 2022. Sebelumnya, keduanya juga dapat persetujuan dari Komisi III dan Komisi X DPR RI.

"Selamat kepada saudara Jordi Amat Maas dan saudara Sandy Henny Walsh yang sudah mendapatkan persetujuan naturalisasi," kata Ketua DPR RI, Puan Maharani. 

"DPR berharap, pemberian kewarganegaraan ini dapat memperkuat Timnas Indonesia sehingga Tim Garuda semakin berprestasi,” imbuhnya. 

Menurut Puan, pemberian kewarganegaraan melalui mekanisme ini sudah dilakukan sesuai dengan ketentuan Pasal 20 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Jordi dan Sandy dapat persetujuan atas dasar pada kepentingan negara atau jasa yang luar biasa dari seseorang sehingga negara dapat memberikan kewarganegaraan kepadanya, yaitu prestasi di bidang olahraga.

Setelah direstui DPR RI, berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh dikembalikan ke Setneg (sekretariat negara) dan tinggal menunggu Kepres dan disumpah jadi WNI. 

Hal itu pun diamini oleh Menpora. Dia mengatakan kedua pemain keturunan Spanyol dan Belanda itu sebentar lagi jadi WNI. 

"Kalau sudah disetujui di rapat paripurna DPRI, langsung cepat itu," kata Menpora.