In-depth

3 Dampak Negatif saat Terakhir Kali Indonesia di Banned FIFA: Ranking Timnas Melorot!

Minggu, 2 Oktober 2022 18:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Getty Images
Tiga efek negatif yang dirasakan sepak bola Indonesia saat di banned FIFA, terparah tentu ranking timnas yang melorot drastis. Akankah kembali terulang? Copyright: © Getty Images
Tiga efek negatif yang dirasakan sepak bola Indonesia saat di banned FIFA, terparah tentu ranking timnas yang melorot drastis. Akankah kembali terulang?

INDOSPORT.COM – Melihat tiga dampak negatif yang dirasakan sepak bola Indonesia saat di banned FIFA, terparah tentu ranking timnas yang melorot drastis. Akankah kembali terulang pasca insiden di stadion Kanjuruhan?

Insiden kerusuhan di pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya hari Sabtu (01/10/22) kemarin, membuat dunia sepak bola berduka. Tidak hanya di Indonesia namun juga di kalangan internasional.

Dalam lanjutan pekan ke-11 Liga 1 22/23 di Stadion Kanjuruhan Malang itu, skuat berjulukan Singo Edan menelan pil pahit setelah kalah dari Persebaya dengan skor 2-3. Kekalahan ini lah yang memicu kerusuhan selepas laga.

Usai pertandingan, terjadi keributan massal yang melibatkan oknum suporter Arema FC. Bahkan, beberapa fasilitas yang ada di dalam stadion mengalami kerusakan parah.

Insiden pun berubah tak terkendali sehingga memancing petugas polisi terpaksa menembakkan gas air mata.  yang merupakan salah satu penyebab banyak kematian.

Dalam sesi konferensi pers pada Minggu (02/10/22) pagi WIB, pihak Kepolisian Daerah Jawa Timur, melalui Kapolda Irjen Pol Nico Afinta, mengonfirmasi sebanyak 127 orang meninggal dunia.

Tak hanya menghebohkan pemberitaan dalam negeri, insiden ini juga sampai disorot sejumlah media internasional, dan berpotensi mendapat perhatian dari FIFA sebagai induk sepak bola dunia.

Terlebih, adanya laporan penggunaan gas air mata dalam penanganan kerusuhan kemarin, berpotensi membuat Liga 1 terutama PSSI sebagai induk sepak bola nasional akan mendapat teguran FIFA.

Merujuk pada peraturan FIFA, penggunaan gas air mata di stadion dilarang keras. Hal itu mengacu pada pasal 19 b soal pengaman pinggir lapangan dari regulasi Keamanan dan Keselamatan Stadion.

Meski belum ada keputusan resmi dari FIFA terkait hukuman ke PSSI, namun jika hasil terburuk yang didapat PSSI yakni pembekuan dari FIFA, tentu akan jadi kerugian sangat besar buat sepak bola Tanah Air.

Berkaca pada tahun 2015 lalu saat Indonesia mendapat sanksi akibat keterlibatan pemerintah dalam PSSI, sangat besar kerugian yang harus dirasakan sepak bola Tanah Air akibat hukuman tersebut.

Tak hanya Timnas Indonesia, bahkan para pemain pun juga merasakan dampak negatif dari sanksi FIFA kepada PSSI di tahun tersebut.

Lantas seperti apa dampak yang dirasakan sepak bola Indonesia saat disanksi FIFA tahun 2015 silam? Berikut INDOSPORT coba merangkum: