Liga Indonesia

Kesaksian Suporter Arema FC yang Selamat dari Maut Kericuhan Kanjuruhan, Mencekam!

Minggu, 2 Oktober 2022 11:18 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

INDOSPORT.COM – Seorang suporter Arema FC memberikan kesaksian mencekam usai selamat dari kericuhan pasca laga melawan Persebaya Surabaya di laga lanjutan Liga 1 2022-23.

Sebagaimana diketahui saat ini dunia sepak bola Indonesia tengah berkabung setelah 127 orang meninggal dunia usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (01/10/22) malam WIB.

Singo Edan harus menanggung malu karena kalah di kandang sendiri dengan skor 2-3 dari Persebaya Surabaya. Kekalahan sang tuan rumah pun memicu kekecewaan dan kekesalan para penggemarnya.

Lantas banyak oknum suporter Arema FC yang turun ke lapangan dan pihak keamanan langsung turun tangan.

Kericuhan pun berlanjut di mana sejumlah fasilitas dirusak sehingga memicu polisi menembakkan gas air mata termasuk ke tribun penonton, yang menjadi salah satu penyebab kematian.

Setelah mulai mereda dan kondusif, pihak kepolisian akhirnya merilis data resmi yang terkumpul sejak Sabtu malam, hingga Minggu (2/10/22) pukul 04:30 WIB.

Dalam sesi konferensi pres pada Minggu (02/10/22) pagi WIB, pihak Kepolisian Daerah Jawa Timur, melalui Kapolda Irjen Pol Nico Afinta, mengonfirmasi sebanyak 125 suporter meninggal dunia dan dua polisi turut tewas.

Sementara itu, seorang fans Arema FC bernama @RezqiWahyu_05 memberikan kesaksiannya usai selamat dari maut di kericuhan yang terjadi di stadion Kanjuruhan melalui akun Twitter pribadinya pada Minggu (2/10/22) pukul 02.25 dini hari WIB dan menjadi viral.

Sang Aremania pun menceritakan kronologi insiden yang terjadi di Kanjuruhan 1 Oktober 2022, di mana saat itu awalnya berjalan sangat aman dan tertib sebelum kick off.

Saat jeda istirahat babak pertama Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, @RezqiWahyu_05 melaporkan terjadi dua sampai tiga kali sedikit kericuhan di tribun 12-13 namun masih bisa diamankan oleh pihak berwenang.