Bola Internasional

Ada Rival di AFF, 3 Negara yang Cocok Jadi Pelabuhan Shin Tae-yong andai Timnas Indonesia Dibekukan FIFA

Rabu, 5 Oktober 2022 02:06 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Naufal/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong 2. Copyright: © Naufal/PSSI
Pelatih Timnas Indonesia, SHin Tae-yong 2.

INDOSPORT.COM - Meski isunya masih simpang siur, namun tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang tempo hari bisa saja membuat FIFA melakukan pembekuan lagi pada timnas Indonesia.

Sanksi tersebut biasanya berlangsung untuk waktu yang cukup lama dan kemungkinan akan membuat Tim Garuda harus melepas pelatih mereka, Shin Tae-yong.

Pria asal Korea Selatan tersebut kontraknya bersama PSSI hanya tinggal menyisakan kurang lebih satu tahun lagi dan bertahan tanpa ada yang bisa dikerjakan bukan gaya dari Shin Tae-yong.

Namun ia tidak perlu cemas karena dipastikan akan ada banyak tim yang siap menampungnya. Tidak terkecuali timnas negara lain.

Berikut INDOSPORT berikan prediksi negara mana saja yang bisa mempekerjakan Shin Tae-yong apabila kemungkinan terburuk terjadi pada timnas Indonesia.

Sangara Korsel yang pernah ia latih di Piala Dunia 2018 saat ini sedang mesra bersama Paulo Bento jadi tidak akan masuk dalam daftar. Begitu juga negara-negara Eropa yang sepertinya belum umum untuk merekrut manajer asal Asia.

1. Singapura

Setelah ditinggalkan oleh Tatsuma Yoshida yang membawa mereka ke semifinal Piala AFF 2020 lalu, Singapura kembali menunjuk nakhoda asal Jepang sebagai gantinya yakni Takayuki Nishigaya.

Sayangnya performa yang sama dengan pendahulunya belum bisa ditunjukkan oleh Nishigaya usai resmi dikontrak oleh FA Singapura pada Mei 2022 silam.

Dari enam pertandingan yang sudah ia lalui bersama The Lions, hanya ada satu kemenangan yang bisa diperoleh. Singapura juga kalah empat kali.

Dua kekalahan terjadi di kualifikasi putaran ketiga ke Piala Asia 2023 dan menyebabkan Negeri Singa gagal lolos menemani tim-tim ASEAN lain seperti timnas Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.