Liga Indonesia

Korban Jiwa Bertambah, Polisi Umumkan 131 Orang Meninggal Dunia di Tragedi Kanjuruhan

Rabu, 5 Oktober 2022 11:33 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Patung Singa Tegar Jawara jadi pusat jujukan warga untuk mengenang tragedi Kanjuruhan. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Patung Singa Tegar Jawara jadi pusat jujukan warga untuk mengenang tragedi Kanjuruhan. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Polisi telah memperbarui data jumlah korban jiwa di tragedi Kanjuruhan selepas laga lanjutan Liga 1 2022-23 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Dunia sepak bola Indonesia hingga saat ini masih berkabung setelah nyawa ratusan orang meninggal dunia saat keos pasca derby Jatim antara Arema FC vs Persebaya Surabaya yang digelar di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (01/10/22).

Ratusan nyawa suporter dan penonton dalam laga tersebut melayang karena kepanikan yang terjadi akibat tembakan gas air mata oleh polisi baik di lapangan dan bahkan ke area tribun.

Hal ini memicu kepanikan para penonton yang langsung berhamburan dan lari ke pintu keluar. Namun nahas, pintu keluar yang seharusnya menjadi jalan untuk menyelamatkan diri, malah ditutup sehingga berdesakkan, terjepit dan bahkan ada yang meninggal dunia.

Jumlah korban yang meninggal sempat simpang siur, namun pihak kepolisian resmi merilis data korban yang terkumpul sejak Sabtu malam, hingga Minggu (2/10/22) pukul 04:30 WIB.

"Berdasarkan data yang kami terima, korban jiwa yang meninggal dunia mencapai 127 orang," ujar Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta melalui press conferrence.

"Sementara 2 diantaranya jumlah korban yang meninggal dunia itu, merupakan anggota kepolisian. Kami menyesalkan dan prihatin serta dukacita atas kejadian ini," tambahnya.

Kabar ratusan jiwa melayang pun menjadi sorotan dunia. Bahkan media Inggris, BBC memberitakan setidaknya ada 174 korban meninggal dunia dan 180 orang luka-luka usai pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Sempat kembali simpang siur, pihak kepolisian akhirnya kembali mengumumkan kabar terbaru mengenai jumlah korban jiwa yang meninggal dunia pada Rabu (5/10/22).

Hal ini disampaikan oleh Irjen Pol. Dedi Prasetyo selaku Kepala Divisi Humas Polri yang memberikan pengumumkan resmi jumlah korban meninggal dunia di tragedi Kanjuruhan pasca laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.