Bola Internasional

Jadi Topskor Kualifikasi Piala Asia U-17, Arkhan Kaka Ungkap Arti Selebrasi Ala Bambang Pamungkas

Kamis, 6 Oktober 2022 06:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22).

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka Putra jadi pahlawan saat kalahkan Uni Emirat Arab di laga kedua Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Rabu (05/10/22) di Stadion Pakansari. Dua golnya antarkan skuad Garuda Asia menang 3-2.

Arkhan mencetak gol pertama ke gawang Uni Emirat Arab pada menit ke-30. Lalu gol kedua dilesakan di babak kedua, tepatnya menit ke-54. 

Dua gol tambahan itu menempatkan Arkhan jadi topskor sementara di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pemain 15 tahun itu sebelumnya cetak empat gol ketika Timnas Indonesia U-17 kalahkan Guam U-17 dengan skor 14-0. 

Menariknya, ketika jebol gawang UEA, Arkhan melakukan selebrasi ikonik ala topskor Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas. 

Bambang Pamungkas memang dikenal puya selebrasi gol dengan mengayunkan tangan secara perlahan dari belakang, ke bawah dan ke depan atas.

Menurut Arkhan, selebrasi itu dilakukannya secara spontan. Tapi, dia juga menghormati sosok Bambang Pamungkas dan jadikan panutan. 

"Soal selebrasi, itu spontan dan refleks saja. Sebab Pak Bambang dulu tandem ayah saya di Timnas Indonesia. Jadi saya menghargai beliau," ujar Kaka.

Arkhan Kaka merupakan putra dari mantan striker Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Purwanto. Sang ayah pernah berduet dengan Bambang Pamungkas di Timnas Indonesia dan Persija pada akhir 1990-an dan awal 2000-an.