Liga Indonesia

Dibantai Malaysia, Timnas Indonesia U-17 Akui Kehilangan Peran Kapten Muhammad Iqbal

Senin, 10 Oktober 2022 13:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (09/10/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (09/10/22).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-17 kalah telak 1-5 dari Malaysia di laga terakhir Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu (09/10/22) di Stadion Pakansari, Cibinong. Hasil itu juga mengandaskan langkah skuad Garuda Asia ke Piala Asia. 

Timnas Indonesia U-17 bahkan sudah kebobolan lima gol pada babak pertama. Muhammad Zainurhakimi ('18), M. Arami ('20 dan '39), M. Anjasmirza ('24), M. Afiq ('27) jadi mimpi buruk. 

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-17 hanya mampu cetak satu gol balasan dari aksi Arkhan Kaka, itupun dipenghujung pertandigan atau 90+3. 

Kekalahan telak tersebut membuat lini belakang Timnas Indonesia U-17 menjadi sorotan banyak pihak.

Absennya kapten, Muhammad Iqbal dinilai sangat mempengaruhi koordinasi, sehingga Malaysia dengan leluasa mengacak-acak pertahanan tuan rumah. 

Namun, pelatih Timnas U-17, Bima Sakti punya pandangan lain. Dia menyebut peran Iqbal sangat penting, tapi pada laga semalam Malaysia memang bermain lebih baik.  

"Sebenarnya di tim ini tidak ada pemain bintang. Peran Iqbal sangat penting, tetapi kami juga sudah beberapa kali uji coba dengan tim-tim lain di Yogya, kami coba tanpa Iqbal, tanpa Kaka, Kafiatur (Rizky). Tapi memang pressure tadi sangat tinggi," kata Bima Sakti

Selain itu Bima Sakti juga mengakui jika timnya mengalami tekanan begitu tinggi usai kebobolan sebanyak 5 gol dengan rentan waktu yang cukup cepat. 

"Atmosfer sangat mempengaruhi, masuknya lima gol itu yang membuat kami sedikit tegang," imbuhnya.