In-depth

FIFA Bagi-Bagi Duit di Piala Dunia 2022, 3 Klub Ini Kecipratan Paling Banyak

Rabu, 12 Oktober 2022 16:36 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
FIFA telah menyiapkan sejumlah dana untuk dibagikan ke klub-klub sepak bola yang mengirim pemainnya ke Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS. Copyright: © Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS
FIFA telah menyiapkan sejumlah dana untuk dibagikan ke klub-klub sepak bola yang mengirim pemainnya ke Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

INDOSPORT.COM - FIFA telah menyiapkan sejumlah dana untuk dibagikan ke klub-klub sepak bola yang mengirim pemainnya ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Salah satunya diwartakan The Washington Post, FIFA membuka kesempatan bagi para klub ini untuk mengklaim ‘jatah’ mereka dari dana 20 juta dolar yang telah disiapkan.

Ya, sekitar Rp3,2 triliun telah disiapkan induk sepak bola tertinggi dunia tersebut untuk klub-klub yang menyetor pemain ke Piala Dunia 2022.

Guyuran uang tersebut akan diberikan FIFA dengan basis harian. Estimasinya 10 ribu dolar AS (Rp153 juta) untuk 800-an pemain di 32 timnas yang berpartisipasi.

Program yang diberi nama Club Benefits Programme ini sudah diaplikasikan sejak edisi Afrika Selatan 2010.

Melansir dari laman resmi klub, program ini ditujukan untuk mengapresiasi kontribusi klub-klub sepak bola dalam memeriahkan gelaran Piala Dunia dengan mengirim pemainnya ke kompetisi.

Dana dari Club Benefits Programme tersebut nantinya akan dikirim ke federasi negara-negara peserta Piala Dunia, untuk kemudian didistribusikan ke klub pemain.

Jumlah dana yang disediakan FIFA pun terus meningkat dari masa ke masa. Mulai dari 40 juta dolar AS di Afrika Selatan 2010, 70 juta dolar AS di Brasil 2014, dan 209 juta dolar AS di Rusia 2018.

Kini di Qatar 2022, sejumlah 209 juta dolar AS juga akan diberikan FIFA - angka yang sama besar dari gelaran edisi sebelumnya.

Secara logika, Club Benefits Programme ini tentunya akan menguntungkan klub-klub yang banyak mengirim pemain ke Piala Dunia 2022.