Bola Internasional

Gagal ke Piala Asia, 4 Pemain Timnas Indonesia U-17 yang Layak Direkrut Garuda Select ke Inggris

Kamis, 13 Oktober 2022 13:43 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-17 antara Timnas Indonesia vs UEA di Stadion Pakansari, Rabu (05/10/22).

INDOSPORT.COM - Meski gagal ke Piala Asia U-17 2023, berikut adalah empat pilar Timnas Indonesia U-17 yang tampil dominan dan layak direkrut Garuda Select ke Inggris.

Timnas Indonesia U-17 gagal ke Piala Asia U-17 2023 karena kalah dari Malaysia di babak penentuan kualifikasi Grup B, Minggu (9/10/22), sehingga finis sebagai runner-up.

Kekalahan ini membuat perjalanan Timnas U-17 selesai. Para pemain akhirnya resmi dibubarkan oleh pelatih Bima Sakti, dan dikembalikan ke klub masing-masing.

Namun, ada beberapa pemain potensial yang sayang jika hanya bermain di dalam negeri. Alumni Timnas U-17 bisa saja lolos seleksi Garuda Select dan main di Inggris.

Berikut INDOSPORT.com merangkum empat pemain jebolan Timnas U-17 yang layak direkrut dalam program Garuda Select.

1. Arkhan Kaka Putra

Arkhan Kaka Putra Purwanto merupakan pemain andalan lini depan Timnas Indonesia U-17 di sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Ia berhasil mencetak total tujuh gol.

Salah satu penampilan terbaiknya adalah melesakkan quattrick atau empat gol langsung dalam satu pertandingan, saat menghadapi Guam. Garuda menang 14-0.

Arkhan Kaka hanya kalah selisih satu gol dari top skorer Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Nestory Irankunda (Australia) dan Wang Yudong (China) yang mencetak 8 gol.

Di bawah Arkhan Kaka, ada nama Reza Ghandipour (Iran) dan Homare Tokuda (Jepang) dengan 6 gol. Tetapi, mereka bukanlah pemain asal Asia Tenggara.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Arkhan Kaka adalah striker paling tajam di Asia Tenggara, di angkatannya. Potensinya harus diasah lewat program Garuda Select.