Liga Indonesia

Liga 1 Sudah Terhenti 10 Hari, Yoyok Sukawi Jelaskan Rencana PSIS Semarang

Kamis, 13 Oktober 2022 14:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSIS Semarang
Latih tanding klub Liga 1, PSIS Semarang, dengan tim U-20 di Stadion Citarum, Semarang. (Foto: PSIS Semarang) Copyright: © PSIS Semarang
Latih tanding klub Liga 1, PSIS Semarang, dengan tim U-20 di Stadion Citarum, Semarang. (Foto: PSIS Semarang)

INDOSPORT.COM - Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, memastikan timnya tak punya rencana libur ketika Liga 1 2022/2023 terhenti sementara karena Tragedi Kanjuruhan. Selama sepuluh hari ini, tim Mahesa Jenar kerja keras melakukan pembenahan.

PSIS awalnya diunggulkan untuk masuk papan atas Liga 1. Hal itu berkaitan dengan perekrutan beberapa nama besar, seperti Carlos Fortes, Taisei Marukawa, Alie Sesay hingga Wawan Febrianto.

Dari deretan nama itu, PSIS bahkan sampai menebus Wawan dari Borneo FC dengan nominal tak sedikit. Wawan pun kini menjadi andalan lini serang PSIS.

Hanya saja, prestasi PSIS belum sesuai harapan. Dalam sepuluh laga awal Liga 1 2022/2023, PSIS baru mendapatkan 11 poin dan berada di peringkat ke-13. Mereka hanya selisih dua poin dari Bhayangkara FC yang ada di zona degradasi.

Makanya, selama Liga 1 diliburkan imbas dari Tragedi Kanjuruhan, PSIS meniadakan libur. Yoyok Sukawi mengatakan para pemain kerja keras untuk berbenah.

"Selama masa dihentikannya liga yang sekarang sudah berjalan sepuluh hari, kami terus melakukan latihan rutin dan kami berusaha memperbaiki semua kekurangan yang pada awal musim kita jalani," kata Yoyok Sukawi, Rabu (12/10/22).

Pembenahan bisa berjalan dengan bagus karena waktunya cukup panjang. Tim pelatih berbenah semua aspek dalam latihan, mulai dari fisik, teknik dan taktik.

Selain itu, ada hal yang tak kalah penting. Setelah perekrutan dua tenaga medis baru, PSIS juga kerja keras untuk memulihkan deretan pemain yang masih cedera.

"PSIS sekarang menggenjot fisik, teknik dan juga semangat bertempur, sekaligus mengembalikan performa dan menyembuhkan pemain-pemain yang cedera," jelas Yoyok Sukawi.

Yoyok meyakini masa jeda Liga 1 ini akan membuat PSIS lebih tangguh. Dengan begitu, hasil yang selama ini kurang maksimal bisa lebih diperbaiki lagi.

"Kita manfaatkan libur ini untuk menyiapkan tim lebih baik, sehingga ketika nanti liga digulirkan, kita sudah siap dan kita akan lebih siap dari awal musim," tutur pria yang juga anggota komite eksekutif PSSI ini.