Bola Internasional

Indonesia dan Korea Selatan Gugur, Qatar Resmi Terpilih Menjadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Senin, 17 Oktober 2022 14:36 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM – Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia 2023.

Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengucapkan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar (QFA) atas terpilihnya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

“Atas nama AFC dan keluarga sepak bola Asia, saya ingin mengucapan selamat kepada Asosiasi Sepak Bola Qatar yang berhak menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang,” ucap Salman dikutip dari laman resmi AFC.

Qatar berhasil mengalahkan Indonesia dan Korea Selatan dalam pengajuan proposal tuan rumah untuk turnamen bergengsi se-Asia ini.

“Kami juga berterimakasih kepada Asosiasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) atas keinginan untuk berpartisipasi dalam menggelar turnamen ini,” sambungnya.

AFC menilai kemampuan dan rekam jejak Qatar dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional cukup mumpuni dan cermat terhadap detail.

“Saya juga harus memuji AFC yang profesional dan transparan. Saya berterima kasih kepada semua mitra komersial dan sponsor dalam masa-masa ini,” ucap Salman.

Keputusan ini berhasil menutup penawaran QFA untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2027, menyusul keberhasilannya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Qatar sendiri merupakan juara bertahan Piala Asia dan akan menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya setelah edisi tahun 1988 dan 2011.

Sementara itu, Piala Asia 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 16 Juni-16 Juli 2023. Qatar menggantikan China yang mundur menjadi tuan rumah.