Liga Indonesia

Diperiksa Polda Jatim Selama 5 Jam Terkait Tragedi Kanjuruhan, Ini Pernyataan Iwan Bule

Jumat, 21 Oktober 2022 16:34 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan telah diperiksa penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Timur terkait tragedi Kanjuruhan pada Kamis (20/10/22). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan telah diperiksa penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Timur terkait tragedi Kanjuruhan pada Kamis (20/10/22).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan telah diperiksa penyidik Ditreskrimum Polda Jawa Timur terkait tragedi Kanjuruhan pada Kamis (20/10/22). Dia dicecar 45 pertanyaan selama lima jam.

Setelah diperiksa, Iwan Bule (sapaan Ketum PSSI) mengucapkan permintaan maaf karena tidak sempat hadir pada panggilan pertama pada Selasa (18/10/22). Tidak banyak yang dikatakannya setah keluar dari ruang penyidik.

“Terima kasih hari ini (kemarin-red) saya telah mengikuti atau melaksanakan pemanggilan di Polda Jatim. Alhamdulillah telah selesai pemeriksaan,” kata Iwan Bule ke awak media.

“Mohon maaf kemarin pertama bisa hadir karena ada kegiatan di Kuala lumpur, lalu rapat di Aceh,” imbuhnya. 

Terkait pemeriksaan, Iwan Bule memberikan kewenangan kepada Ahmad Riyadh yang sudah ditunjuk sebagai juru bicaranya. Riyadh merupakan Ketua PSSI Jatim, Ketua Komite Wasit sekaligus anggota Exco PSSI.

“Nanti untuk materi ke jubir saya. Makasih,” tutur Iwan Bule.

Sementara itu, Ahmad Riyadh menjelaskan pemeriksaan berjalan lancar. Ada sekitar 45 pertanyaan yang diajukan penyidik mencakup identitas diri, legalitas federasi, struktur, peran dan tugas pokok PSSI ke klub, PT LIB sampai panitia pelaksana.

“Pemeriksaan lancar. Pertanyaan soal peran PSSI, tugas pokok sampai ke klub, ke PT LIB sampai ke Panpel, security, match com, semua sudah lengkap, sesuai prosedur, tahapan gimana memprogram pertandingan, jadwalnya sampai pengawasan akhir sudah ditanyakan,” jelas Ahmad Riyadh.

“Ada 45 pertanyaan. Akta pendirian PSSI, macam-macamnya, legalitasnya semua,” sambungnya.

Ahmad Riyadh menyampaikan belum tau apakah masih ada pemeriksaan kedua untuk Ketum PSSI. Sedangkan wakil ketua PSSI, Iwan Budianto juga turut diperkisa pada Kamis (20/10/22) di Polda Jatim.

“Tergantung penyidik kurangnya apa. Kita tetap kooperatif supaya penyidikan malang tuntas,” ucap Ahmad.

“Waketum Iwan Budianto juga masih diperiksa didampingi tim lain,” lanjutnya.