In-depth

Lika-liku Karier Iqbal Gwijangge: Ditolak Persija, Bersinar di Timnas U-16, Kini Dibajak Barito

Rabu, 26 Oktober 2022 15:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim) Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Lika-liku perjalanan karier Muhammad Iqbal Gwijangge. Pernah ditolak Persija Jakarta, bersinar di Timnas Indonesia U-16, kini dibajak Barito Putera.

Perjalanan karier seorang pesepak bola tidak sepenuhnya berjalan mulus. Ada berbagai macam halangan untuk mencapai impian bermain di skuat Timnas Indonesia.

Demikian pula yang dialami oleh sosok Muhammad Iqbal Dwijangge, pesepak bola muda yang pernah ditolak Persija, sebelum menjadi bintang di Timnas Indonesia U-16.

Berikut INDOSPORT.com Merangkum perjalanan karier Iqbal Gwijangge.

Besar di Bandung Pro United

Muhammad Iqbal Gwijangge merupakan pesepak bola berdarah Papua. Menariknya, ia terlahir dari ibu bernama Besinah Haluk, mantan atlet angkat berat Jawa Barat.

Sejak usia dini, Iqbal Gwijangge berlatih sepak bola di klub Bandung Pro United. Kualitasnya telah terlihat sejak usia belia. 

Dengan postur tubuhnya yang menjulang di usia muda, Iqbal Gwijangge ditempatkan di posisi bek. Ia juga piawai membuka ruang, sehingga kerap jadi gelandang bertahan.

Ditolak Persija Jakarta

Iqbal Gwijangge bersama dua penggawa muda Bandung Pro United lainnya sempat mengikuti seleksi Persija Jakarta U-16 untuk mengikuti Elite Pro Academy Liga 1 U-16.

Hanya saja, tak ada satu pun dari mereka yang direkrut oleh Persija Jakarta U-16. Iqbal Gwijangge harus menunda mimpinya untuk bermain profesional di Akademi Liga 1.

Persija Jakarta U-16 sendiri lolos ke babak 8 besar EPA Liga 1 U-16 2021, tetapi mereka takluk dari PSM Makassar dan akhirnya harus pulang dengan tangan hampa.