Liga Champions

Terjun ke Liga Europa, Xavi Curhat Rumitnya Grup C Liga Champions 2022/23

Kamis, 27 Oktober 2022 16:15 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Prio Hari Kristanto
© Reuters/Albert Gea
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, curhat mengenai gagalnya Blaugrana untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23 usai takluk dari Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Albert Gea Copyright: © Reuters/Albert Gea
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, curhat mengenai gagalnya Blaugrana untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23 usai takluk dari Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Albert Gea

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, curhat mengenai gagalnya Barcelona untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23 usai takluk dari Bayern Munchen.

Harapan untuk Barcelona bisa bertahan di Liga Champions 2022/23, akhirnya resmi pupus setelah menjamu Bayern Munchen di Spotify Camp Nou pada Kamis (27/10/22) dini hari WIB.

Mengenaskannya lagi, Barcelona kembali dipermalukan oleh Bayern Munchen dengan skor telak yakni 3-0, berkat kekalahan ini Catalan bisa dipastikan bakal tampil ke Liga Europa.

Sebenarnya asa Barcelona untuk bisa lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/23 masih terbuka meski sangat tipis karena cuma mengandalkan hasil dari pertandingan Viktoria Plzen melawan Inter Milan.

Sayangnya klub Liga Republik Ceko tersebut gagal mewujudkan harapan fans Barcelona karena takluk dari Inter Milan dengan skor 4-0.

Hasil tersebut membuat Barcelona tercatat tersingkir dari kompetisi Liga Champions dan menuju kompetisi kasta kedua, Liga Europa sebanyak dua kali secara beruntun.

Jelas hasil tersebut mencoreng riwayat Xavi Hernandez sebagai pelatih Barcelona, sebab pada awal musim tim Catalan tersebut jor-joran melakukan pembelian pemain.

Mendatangkan pemain-pemain papan atas seperti Robert Lewandowski, Jules Kounde, Rapinha, Franck Kessie, Andreas Christensen, Hector Bellerin, dan Marcos Alonso terbukti belum mengangkat performa Barcelona di kasta tertinggi kompetisi Eropa tersebut.

Selain itu berkat tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions membuat Xavi Hernandez menyamai rekor buruk yang dimiliki Louis Van Gaal ketika menukangi Barcelona.

Barcelona terakhir kali gagal lolos dari fase grup Liga Champions ketika diasuh Louis Van Gaal pada musim 1997/98 dan 1998/99.

Berkat rekor tersebut, Xavi Hernandez sendiri merasa tertekan dengan kegagalannya mengantarkan Barcelona menuju babak 16 besar Liga Champions 2022/23.