Piala Dunia 2022

Giovanni van Bronckhorst, Si Kaki Petir Berdarah Maluku yang Bawa Belanda ke Final Piala Dunia

Jumat, 28 Oktober 2022 20:39 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© REUTERS/Russell Cheyne
Profil singkat dan perjalanan karier Giovanni van Bronckhorst, sang pemilik tendangan gledek berdarah Maluku berhasil bawa Timnas Belanda ke final Piala Dunia. Copyright: © REUTERS/Russell Cheyne
Profil singkat dan perjalanan karier Giovanni van Bronckhorst, sang pemilik tendangan gledek berdarah Maluku berhasil bawa Timnas Belanda ke final Piala Dunia.

INDOSPORT.COM – Mengenal profil singkat serta perjalanan karier Giovanni van Bronckhorst, sang pemilik tendangan gledek berdarah Maluku berhasil bawa Timnas Belanda ke final Piala Dunia.

Dalam beberapa pekan lagi, gelaran sepak bola antar negara tertinggi yakni Piala Dunia 2022 akan segera memulai kick off perdana, tepatnya pada 20 November mendatang.

Ini merupakan Piala Dunia edisi kedua yang akan digelar di Asia setelah 20 tahun lalu saat Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah di tahun 2002 silam.

Tak hanya itu, Piala Dunia 2022 Qatar juga mencatatkan sejarah baru yaitu dengan digelarnya pertama kali di musim panas untuk Asia, dan musim dingin di Eropa.

Untuk jumlah peserta masih sama yaitu 32 negara. Siapa-siapa yang lolos juga sudah ketahuan, menyusul babak kualifikasi selesai digelar.

Nama-nama negara besar seperti Brasil, Prancis, Argentina, Jerman hingga Belanda masih menjadi favorit untuk diunggulkan.

Sayangnya, Piala Dunia 2022 ini sedikit hambar lantaran jawara Eropa EURO 2020, Italia, tak bisa lolos setelah mereka kalah di babak play-off.

Khusus bagi Belanda, negara yang menduduki peringkat delapan FIFA tersebut, diprediksi bakal jadi salah satu kandidat finalis di Piala Dunia 2022 lantaran memiliki skuat mumpuni.

Sepanjang sejarahnya, Belanda memang mampu tampil ke putaran puncak Piala Dunia, bahkan pada tahun 2010 lalu mereka hampir juara untuk kali pertama andai tidak digagalkan Spanyol.

Pada edisi Piala Dunia 2010 pula, ada satu nama bintang di Timnas Belanda yang namanya sukses melegenda berkat aksi gol spektakuler di babak semifinal.

Adalah Giovanni van Bronckhorst, mantan pesepakbola berdarah Maluku ini sukses jadi aktor keberingasan Belanda sepanjang babak penyisihan hingga knock out Piala Dunia 2010 lalu.