Liga Spanyol

Sejarah Besar Valencia di Liga Spanyol: Duet Playmaker Hebat David Albelda dan Ruben Baraja

Sabtu, 29 Oktober 2022 18:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© planetfootball.com
Valencia juara La Liga Spanyol (2003/04) Copyright: © planetfootball.com
Valencia juara La Liga Spanyol (2003/04)

INDOSPORT. COM - Valencia pernah merajai pentas sepak bola Liga Spanyol yang dihiasi oleh jasa besar duet playmaker hebat, David Albelda dan Ruben Baraja.

Jauh sebelum Andres Iniesta dan Xavi Hernandez tenar, sepak bola Spanyol memiliki duet gelandang cerdas dalam kombinasi David Albelda dan Ruben Baraja. 

Kinerja keduanya sempat menciptakan kerjasama apik, serta sukses membawa klub Valencia berjaya di Liga Spanyol maupun Eropa.

Mari bernostalgia ke awal era milenium yang mana menyimpan banyak sekali kisah sejarah sepak bola menarik. 

Tim-tim yang era sekarang cenderung dipandang sebelah mata kekuatannya, pada awal era milenium dulu justru sempat begitu berjaya.

Salah satu contoh nyata yang bisa kita bahas ialah Valencia, tim Kelelawar Mestalla dahulu kekuatannya cukup ditakuti. 

Tak hanya mentereng di kompetisi domestik Spanyol, prestasi Valencia juga sama luar biasanya dalam kancah persepak bolaan Benua Biru.

Salah satu kunci kesuksesan Valencia kala itu terletak pada solidnya barisan lini tengah tim yang dihuni oleh duet gelandang jenius, David Albelda dan Ruben Baraja.

Albelda merupakan pemain asli hasil binaan akademi Valencia. Setelah kerap dipinjamkan ke klub lain, posisi Albelda akhirnya benar-benar konsisten di skuat senior Valencia pada musim 1999/00.

Musim pertamanya sebagai pemain tetap Valencia, Albelda tampil 21 kali di ajang LaLiga Spanyol, dan membawa timnya finish menempati urutan tiga. 

Albelda juga pernah berkontribusi besar dalam mengantarkan Valencia menuju laga final Liga Champions, tapi kalah dari Real Madrid 0-3.

Kala itu, Albelda masih bekerja tanpa kehadiran Baraja. Barulah pada awal musim 2000/01, Baraja datang setelah meninggalkan klub lamanya, Atletico Madrid.