In-depth

Mengenang Masa Jaya Juan Mata di Chelsea: 2 Gelar Eropa untuk Publik Stamford Bridge

Minggu, 30 Oktober 2022 18:17 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© BBC
Juan Mata Saat Masih Berseragam Chelsea Copyright: © BBC
Juan Mata Saat Masih Berseragam Chelsea

INDOSPORT. COM - Karier sepak bola Juan Mata di Liga Inggris memang lebih lama terjalin bersama Manchester United, ketimbang klub lainnya, Chelsea. 

Namun kalau berbicara urusan pencapaian prestasi dan kejayaan, momen terhebat Mata justru tercipta ketkika masa-masanya menjadi bagian dari publik Stamford Bridge.

Mata pertama kali merantau dari negara asalnya Spanyol, ke pentas Liga Inggris, pada momen bursa transfer musim panas 2011.

Setelah beberapa musim tampil cemerlang di klub Liga Spanyol, Valencia, Mata memutuskan untuk menerima ajakan pindah menuju Inggris yang diajukan oleh Chelsea.

Kala itu, usia Mata baru 23 tahun, dan manajemen The Blues menebusnya dari Valencia dengan nominal harga pembelian senilai 26,7 juta euro.

Mata menjalani laga debut resminya memperkuat Chelsea pada 27 Agustus 2011, ketika timnya bersua Norwich City di laga pekan ke-3 Premier League 2011/12.

Pelatih Chelsea yang waktu itu bertugas, Andre Villas-Boas, lebih dulu menempatkan Mata di bangku cadangan, dan baru diberi kesempatan bermain saat laga memasuki menit ke-67.

Debut Mata tersebut berjalan manis, lantaran ia mampu menyumbangkan satu gol, sekaligus membantu Chelsea memenangkan laga dengan skor 3-1.

Pasca laga debut yang indah, Mata langsung bisa mendapatkan tempat utama di skuat Chelsea pada laga-laga berikutnya.

Peran Mata pun perlahan makin vital buat Chelsea, bahkan turut berkontribusi besar atas kesuksesan luar biasa di penghujung musim 2011/12.