Bola Internasional

Bobol Gawang Moldova, Supersub Timnas U-20 Ungkap 1 Hal yang Wajib Dibenahi

Rabu, 2 November 2022 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSSI
Pertandingan uji coba timnas Indonesia U-20 kontra Moldova. Copyright: © Media PSSI
Pertandingan uji coba timnas Indonesia U-20 kontra Moldova.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 berhasil menang telak dengan skor 3-1 atas Moldova U-20 dalam laga uji coba di Stadion Manavgat Ataturk, Selasa (1/11/22). Inilah kemenangan kedua Garuda Nusantara selama TC di Turki.

Pada laga semalam, timnas Indonesia U-20 kebobolan terlebih dulu pada menit ke-6 lewat aksi Bulmaga. Hasil 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Masuk babak kedua, pelatih Shin Tae-yong melakukan sejumlah pergantian pemain. Hasilnya pun positif, di mana Indonesia berhasil mencetak tiga gol melalui aksi Rabbani Tasnim (58'), Muhammad Ferrari (73'), dan Marselino Ferdinan (78').

Hasil tersebut disyukuri pencetak gol pertama timnas Indonesia U-20, Rabbani. Striker milik Borneo FC itu masuk menggantikan Hokky Caraka pada babak kedua dan hanya butuh semenit untuk menjebol gawang Moldova U-20.

"Pertandingan hari ini kami bersyukur bisa meraih hasil maksimal, meski di awal pertandingan kami kemasukan terlebih dulu. Tapi, kami kemudian bisa membalikan keadaan menjadi kemenangan," kata Rabbani Tasnim.

Kendati meraih kemenangan, Rabbani mengakui ada hal penting yang wajib dibenahi timnas U-20. Fokus dan konsentrasi mesti ditingkatkan karena mereka kebobolan sangat cepat di babak pertama.

Hal tersebut tak boleh terulang dalam laga uji coba selanjutnya, di mana timnas Indonesia U-20 masih akan menghadapi Moldova U-20 untuk kali kedua, Jumat (1/11/22).

"Evaluasi mungkin ke depan lebih fokus karena kita tau tadi kebobolan di menit awal di babak pertama saat kita belum fokus sepenuhnya. Jadi pertandingan berikutnya harus lebih fokus supaya tak terjadi hal lagi seperti tadi," tutur Rabbani Tasnim.

Sebelumnya, timnas Indonesia U-20 telah melakukan dua kali laga uji coba lawan klub lokal, Cakallikli Spor dan timnas Turki U-20.

Garuda Nusantara menang tipis atas Cakallikli Spor dengan skor 2-1 di Lapangan Kempinski Hotel Football, Antalya, Senin (24/10/22). Kemudian, kalah 1-2 dari Turki U-20 di Manavgat Ataturk Stadium, Rabu (26/11/22).