Bola Internasional

Gilas Moldova, Shin Tae-yong Soroti 2 Kelemahan Timnas Indonesia U-20

Rabu, 2 November 2022 14:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSSI
Aksi Ronaldo Kwateh dalam pertandingan uji coba timnas Indonesia U-20 kontra Moldova. Copyright: © Media PSSI
Aksi Ronaldo Kwateh dalam pertandingan uji coba timnas Indonesia U-20 kontra Moldova.

INDOSPORT.COM - Pelatih Shin Tae-yong menilai timnas Indonesia U-20 masih punya dua kekurangan meski berhasil memukul Moldova U-20 dengan skor 3-1 di Stadion Manavgat Ataturk, Antalya, Turki, Selasa (1/11/22).

Ada pun tiga gol kemenangan Garuda Nusantara dicetak oleh Rabbani Tasnim menit ke-58', Muhammad Ferarri (73'), dan Marselino Ferdinan (79').

Meski meraih kemenangan, Shin Tae-yong menilai timnas Indonesia U-20 masih kurang puas, terlebih di lini depan. Permasalahan penyelesaian akhir menjadi hal pertama yang dia evaluasi.

"Memang setiap pertandingan ada aja dan banyak yang harus dievaluasi. Terutama finishing di depan gawang harus diperbaiki," ucap Shin Tae-yong.

Selain lini depan, pelatih asal Korea Selatan ini juga menyoroti lini pertahanan. Dia merasa barisan bek timnas Indonesia U-20 kurang fokus di awal laga.

"Lalu masalah pertahanan kami harus bisa menahan bola. Karena tidak ada penguasaan bola jadi memberikan peluang kepada lawan. Kami harus lebih cerdas juga terhadap lawan," pungkas Shin Tae-yong.

Laga melawan Moldova merupakan agenda uji coba ketiga timnas Indonesia U-20 dalam kegiatan pemusatan latihan (TC) di Turki. Mereka sebelumnya meraih kemenangan 2-1 atas Cahallikli Spor, setelah itu kalah 1-2 dari Turki U-20.

Berikutnya, timnas Indonesia U-20 akan kembali menantang Moldova pada Jumat (4/11/22). Setelah itu rencananya TC akan bergeser ke Spanyol.

Timnas Indonesia U-20 sedang disiapkan buat menyambut Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, kemudian Piala Dunia U-20 2023, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.