Liga Indonesia

Steril untuk Piala Dunia, Menpora Pastikan Stadion GBK Tidak Boleh Dipakai Konser BLACKPINK

Rabu, 2 November 2022 20:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
© Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menegaskan konser girl band asal Korea Selatan, BLACKPINK tidak boleh di Stadion Utama GBK. Copyright: © Tiyo Bayu Nugroho/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menegaskan konser girl band asal Korea Selatan, BLACKPINK tidak boleh di Stadion Utama GBK.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menegaskan konser girl band asal Korea Selatan, BLACKPINK tidak boleh di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Hal ini dikarenakan Stadion GBK harus steril untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Girl band asal Korea Selatan, BLACKPINK, memang akan menggelar konser bertajuk Born Pink World Tour. Salah satu tujuan konsernya adalah menyambangi Indonesia.

Untuk rencana di Indonesia, konser BLACKPINK direncanakan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 11 dan 12 Maret 2023.

Namun, sepertinya konser ini urung terjadi sebab Menpora Zainudin Amali melarang untuk stadion yang menjadi venue Piala Dunia U-20 2023 dilarang digunakan untuk segala macam kegiatan.

"Pasti enggak boleh (Stadion GBK dipakai konser)," buka Zainudin Amali di Kantor Kemenpora.

"Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan sudah disetujui oleh FIFA November ini akan mulai direnovasi," jelas Zainudin Amali.

Zainudin Amali punengatakan bagi stadion yang sudah direnovasi pun tidak boleh digunakan. Hal ini untuk menjaga steril dari stadion tersebut.

"Bagi yang sudah selesai (renovasi), itu tidak diizinkan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan lain, itu (sudah) clear betul," tegas Menteri asal Gorontalo ini.

"GBK itu kan punya negara, tinggal ngomong ke mensesneg. Pokoknya sejak direnovasi, kita tinggal, minggu depan saya akan koordinasi dengan Kementerian PUPR kapan mereka akan memulai renovasi."

"Kita akan beritahu kepada pimpinan Provinsi, Kota, bahwa lapangannya akan direnovasi, karena itu kan ada agreement-nya, ada MoU yang jadi pegangan dari FIFA."

"Saya bisa pastikan itu tidak mungkin (konser). Kita sudah menyatakan kesediaan ke FIFA, bahwa Jakarta itu stadion utama (GBK) yang digunakan (untuk Piala Dunia)" pungkas dia.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 2023 memang akan berlangsung di Indonesia. Pesta Piala Dunia kelompok umur U-20 ini akan berlangsung mulai 20 Mei hingga 11 Juni.

Untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023, Indonesia menyiapkan enam stadion sebagai venue Piala Dunia U-20.

Keenam stadion tersebut antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar (Bali), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Bung Tomo (Surabaya).