Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Mulia, PSSI-nya Denmark Bakal Donasikan Uang untuk Pekerja Imigran di Qatar

Kamis, 3 November 2022 12:42 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Reuters/Ritzau Scanpix
Timnas Denmark saat melakoni laga UEFA Nations League melawan Prancis Copyright: © Reuters/Ritzau Scanpix
Timnas Denmark saat melakoni laga UEFA Nations League melawan Prancis

INDOSPORT.COM - Asosiasi sepakbola Denmark atau DBU menyatakan akan menyumbangkan uang untuk setiap gol yang dicetak pada bulan November bagi pekerja imigran di Qatar.

Donasi tersebut berasal dari gol yang dicetak di seluruh pertandingan profesional dan nonprofesional pria dan wanita di Denmark.

Setiap gol di Denmark akan menghasilkan 10 kroner (sekitar 1,16 Poundsterling) dan disumbangkan ke para pekerja imigran di Qatar.

Donasi tersebut akan dikirim langsung ke The Building and Workers Intenational (BWI) atau serikat pekerja di industri konstruksi.

Tujuan dari donasi ini adalah sepakbola Denmark peduli untuk memperbaiki kondisi pekerja imigran di Qatar setelah Piala Dunia 2022.

“Kami menantikan WC dan mendukung tim nasional putra, yang mewakili Denmark.Namun, kami masih skeptis terhadap pelanggaran hak tercela yang dialami beberapa pekerja migran di Qatar," bunyi pernyataan dari DBU.

“Oleh karena itu, atas nama seluruh sepak bola Denmark, kami ingin menyumbangkan dana kepada para pekerja migran, sehingga lebih banyak orang dapat memiliki kondisi dan kondisi yang lebih baik di masa depan.”

Selain itu, pemimpin serikat pekerja Denmark, Gunde Odgaard, angkat bicara terkait permasalahan pekerja imigran di Qatar.

“Para pekerja migran di Qatar mengalami kesulitan. Inisiatif DBU akan membantu untuk tetap fokus pada kondisi pekerja migran. Di BWI, kami ingin memastikan bahwa uang itu digunakan di tempat yang paling sulit bagi para pekerja migran di Qatar.” katanya Gunde.

Selama ini Denmark menjadi salah satu peserta Piala Dunia di Qatar telah menunjukkan protesnya pada perlakuan pekerja imigran.

Hal itu ditunjukan melalui rilisan jerseynya yang untuk turnamen akbar tersebut. Strip merah, putih, dan hitam yang dibuat apparel Hummel tidak menampilkan gaya tertentu.