Liga Indonesia

Rapat Bahas Naturalisasi dI DPR, Bos PSIS Semarang Ingin Rekrut Shayne Pattynama?

Selasa, 8 November 2022 18:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, secara terbuka mengatakan timnya tertarik mendatangkan calon pemain naturalisasi, Foto: PSSI Copyright: © PSSI
CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, secara terbuka mengatakan timnya tertarik mendatangkan calon pemain naturalisasi, Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, secara terbuka mengatakan timnya tertarik mendatangkan calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Hal itu dikatakan saat rapat kerja untuk pembahasan naturalisasi Shayne, Selasa (08/11/22) di Jakarta.

Yoyok yang juga anggota Komisi X DPR RI mengakui Shayne punya kualitas mumpuni. Oleh karena itu, dia tertarik mendatangkan gelandang 24 tahun itu.

Akan tetapi, hal itu masih sebatas angan-angan karena harga Shayne masih sangat tinggi. PSIS disebutnya belum punya dana untuk menebus pemain Viking FC tersebut. 

"Shayne ini menurut saya pemain muda yang bertalenta dan cukup bagus, bahkan kalau klub saya punya uangnya kita rencana kita mau rekrut pemain ini," kata Yoyok dalam rapat kerja DPR RI, pagi tadi.

"Tapi kayanya harganya di luar jangkauan klub saya, jadi kita hanya melihatnya," ujar anggota fraksi Partai Demokrat tersebut.

Menurut catatan Transfermarkt, harga Shayne saat ini berada di kisaran Rp5,2 miliar. Hanya saja, belum diketahui kapan kontraknya bersama Viking FC akan berakhir.

Lebih lanjut, Yoyok menyatakan Partai Demokrat mendukung proses naturalisasi Shayne. Pemain keturunan Indonesia-Belanda itu dipercaya bisa membantu tingkatkan kualitas Timnas Indonesia.

Shayne direkomendasikan oleh pelatih Timnas, Shin Tae-yong. Eks pemain Telstar itu dinilai memenuhi sejumlah syarat dan cocok dengan skema yang diusung juru taktik asal Korea Selatan itu.

"Artinya saya mau sampaikan kalau pemain ini kualitasnya berada di tingkatan yang berbeda dengan pemain lokal yang ada di Indonesia," ujar Yoyok Sukawi.

"Terkait program naturalisasi, kami sangat mendukung karena nampaknya pilihan tim pelatih ini tak salah. Dia (Shayne) penuhi banyak kriteria, teknik bagus, kualitas bagus, umur masih muda, jadi enggak salah," ujarnya.