Liga Indonesia

Umuh Muchtar Ingin Liga 1 2022/23 Tetap Digelar Home Away dengan Dihadiri Penonton

Selasa, 8 November 2022 02:39 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar. (Foto: Arif Rahman/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung (PBB), Umuh Muchtar, menyambut baik rencana kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang akan dilanjutkan kembali. 

Sebagai informasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menggelar pertemuan dengan pemilik Klub Liga 1 2022-2023 di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (04/11/22) lalu.

Pada pertemuan tersebut, dibahas mengenai beberapa opsi kelanjutan Liga 1 musim 2022-2023, diantaranya laga dimulai lagi antara 18 November, 25 November atau 2 Desember 2022.

Hanya saja, pria yang akrab disapa Pak Haji ini meminta Liga 1 dilanjutkan dengan format normal seperti sebelumnya, yakni home away dengan dihadiri penonton.

Pasalnya, jika kembali menggunakan format bubble dan tanpa penonton seperti musim 2021-2022, klub bakal dirugikan begitupun dengan suporter.

"Ya Alhamdulillah kalau gitu (Liga 1 dilanjutkan lagi), tapi siapa yang memimpin apa Komisaris nya yang memimpin, tunggu dulu. LIB itu kan diceritakan dulu siapa yang mau tanggung jawab. Terus ada berita tidak ada penonton, jangan lah tidak rame lah," ungkap Umuh.

Lebih lanjut Umuh menuturkan, pihaknya tidak mempersoalkan jika ada pembatasan jumlah penonton dalam pertandingan disesuaikan dengan kondisi dan situasinya.

"Semua klub mengharapkan ada penonton, cuma dibatasi saja, silahkan saja. Kalau ada yang melanggar, hukum saja," ucap Umuh menambahkan.

Format home away menurut Umuh, bisa menguntungkan bagi banyak pihak, diantaranya bagi orang-orang yang mencari rezeki dari pertandingan sepak bola.

"Tetep home away, karena akan membangkitkan ekonomi daerah, seperti pedagang dan macam-macam," tegasnya.