Piala Dunia 2022

Profil Tim Piala Dunia 2022: Kroasia, Tim Penuh Kejutan yang Digendong Luka Modric

Rabu, 9 November 2022 13:45 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut profil tim Piala Dunia 2022, Kroasia, negara penuh kejutan yang kerap dihentikan Prancis. (Foto: REUTERS/Antonio Bronic) Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Berikut profil tim Piala Dunia 2022, Kroasia, negara penuh kejutan yang kerap dihentikan Prancis. (Foto: REUTERS/Antonio Bronic)

INDOSPORT.COM – Berikut profil tim Piala Dunia 2022, Kroasia, negara penuh kejutan yang kerap dihentikan Prancis.

Sebagai tim pecahan Yugoslavia, Kroasia dikenal memiliki prestasi mentereng dalam kompetisi Piala Dunia, mulai dari kali pertama pada 1998 lalu.

Kroasia bahkan langsung meraih peringkat ketiga Piala Dunia 1998 di Prancis, mengingat kala itu merupakan kali pertama mereka turun dalam kompetisi empat tahunan tersebut.

Kala itu, Vatreni mengandalkan bintang-bintang sepak bola Eropa, seperti Zvonmir Boban, Slaven Blilic, Robert Prosinecki, hingga sang penyerang andalan, Davor Suker yang mampu menyabet sepatu emas dengan jumlah lima gol.

Hanya saja, penampilan hebat Kroasia kala itu terhenti di tangan tuan rumah, Prancis yang mampu mengalahkan mereka di semifinal.

Selepas performa hebat di Prancis pada tahun 1998, Kroasia sempat menurun dalam dua edisi Piala Dunia, yaitu 2002 dan 2006 di mana mereka hanya dapat mencapai penyisihan grup.

Bahkan, Kroasia sempat tak turut serta dalam gelaran Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan yang kemudian membuat nama mereka tenggelam.

Setelah gagal lolos penyisihan grup di Piala Dunia 2014, kejutan mampu diberikan Luka Modric dkk di Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia.

Kroasia mampu memberikan kejutan dengan mengandalkan sejumlah bintang, seperti Ivan Perisic, Ivan Rakitic, dan Mario Mandzukic. Akan tetapi, ledakan Kroasia terhenti di final dan lagi-lagi lawannya adalah Prancis yang menyabet trofi Piala Dunia 2018.

Kini, dengan sisa-sisa generasi emas Piala Dunia 2018 dan Luka Modric yang menua, Kroasia diharapkan bisa kembali mengejutkan di Piala Dunia 2022 nanti.